ALYXIAE CORTEX

2. ALYXIAE CORTEX (MMI)

Alyxia Cortex
PENGERTIAN

Alyxia adalah genus tanaman berbunga Australasia dalam keluarga dogbane, Apocynaceae. Ini berisi saat ini 106 spesies, tetapi Alyxia stellata dan A. tisserantii sangat bervariasi, mungkin kompleks spesies samar, dan membutuhkan penelitian lebih lanjut. Ini terdiri dari semak, memanjat atau berebut tanaman. Genus ini terjadi di Cina, Himalaya, Asia Tenggara, Malaysia, Australia, Kaledonia Baru dan Kepulauan Pasifik. Ada 14 spesies di Australia, 21 di Kaledonia Baru dan 7 di Kepulauan Pasifik lainnya, termasuk Hawaii.
Daunnya yang berlawanan atau di whorls tiga sampai tujuh. Ada colleters (kelompok atau jumbai rambut sekresi mucilaginous) hadir dalam axils daun. Perbungaan adalah aksila atau terminal dengan bunga soliter atau cymes sederhana. Bunga terdiri dari lima kelopak dan lima sepal. Bunga-bunga memiliki tabung ramping yang mengembang secara tiba-tiba. Benang sari memiliki filamens pendek dan dimasukkan dalam bagian atas mahkota. Buah ini sepasang drupes, yang berasal dari masing-masing bunga.
Disentri Bush (A. buxifolia) digunakan dalam jamu dan dibuat menjadi obat dipatenkan oleh Albert Aspinall. Maile (A. oliviformis), endemik Kepulauan Hawaii, memiliki daun harum dan banyak digunakan untuk lei; sebelumnya itu disediakan untuk alii (bangsawan), tapi hari ini dapat digunakan oleh siapa saja dan merupakan dekorasi pernikahan populer di pulau-pulau. Maile juga menyediakan makanan bagi ulat dan kumbang Thyrocopa belid dari genus Proterhinus.2
Ringkasan
Nama lain :
Pulasari
Nama tanam asal :
Alyxia reinwardtii (BL), juga disebut Alyxia stellata (Roomset Schult)
Keluarga :
Apocynaceae
Zat berkhasiat utama / isi:
Alkaloida zat pahit , kumarin, zat penyamak, minyak atsiri asam organik
Penggunaan:
Bahan pewangi, (campuran boreh), karminativa, antidemam
Pemerian :
Bau dan rasa mirip kumarin, agak pahit
Bagian yang digunakan :
Kulit batang dan kulit cabang
Keterangan
-Penyimpanan :
Dalam wadah tertutup baik

Sumber Prof. H. Maulana Surya I, S.Si., Apt.
Wikipedia.org
Riyawan.com | Kumpulan Artikel Farmasi & Keperawatan

Tidak ada komentar:
Write komentar