ANDROGRAPHIDIS

1. ANDROGRAPHIDIS HERBA

Andrographis paniculataAndrographis paniculata adalah tanaman yang tumbuh tegak sampai ketinggian 30-110 cm dalam kondisi lembab, tempat teduh. Batang ramping berwarna hijau gelap, kuadrat dalam penampang dengan alur-alur longitudinal dan sayap sepanjang sudut. Daun berbentuk tombak memiliki pisau berbulu berukuran hingga 8 cm panjang 2,5 lebar. Bunga-bunga kecil ditanggung dalam menyebarkan racemes. Buah adalah kapsul sekitar 2 cm panjang dan beberapa milimeter lebar. Ini berisi banyak biji kuning-coklat.

Andrographis paniculata adalah tahunan ramuan tegak sangat pahit dalam rasa di seluruh bagian tubuh tanaman. Tanaman ini dikenal di utara-timur India sebagai Maha-tita, harfiah "raja pahit", dan dikenal dengan berbagai nama vernakular. Sebagai ramuan Ayurveda dikenal sebagai Kalmegh atau Kalamegha, yang berarti "awan gelap". Hal ini juga dikenal sebagai Bhui-neem, yang berarti "nimba dari tanah", karena tanaman, meskipun menjadi ramuan tahunan kecil, memiliki rasa pahit yang kuat yang sama seperti yang dari pohon Neem besar (Azadirachta indica). Di Malaysia, itu dikenal sebagai Hempedu Bumi, yang secara harfiah berarti 'empedu bumi' karena merupakan salah satu tanaman yang paling pahit yang digunakan dalam pengobatan tradisional. Genus Andrographis terdiri dari 28 spesies semak tahunan kecil pada dasarnya didistribusikan di Asia tropis. Hanya beberapa spesies yang obat, yang Andrographis paniculata adalah yang paling populer.

Andrographis paniculata didistribusikan di negara-negara Asia tropis, sering di patch terisolasi. Hal ini dapat ditemukan dalam berbagai habitat, seperti dataran, lereng bukit, garis pantai, dan daerah terganggu dan dibudidayakan seperti pinggir jalan, pertanian, dan daerah kritis. Penduduk asli dari Andrographis paniculata tersebar di seluruh India selatan dan Sri Lanka yang mungkin merupakan pusat asal dan keragaman spesies. Rempah adalah spesies diperkenalkan di bagian utara India, Jawa, Malaysia, Indonesia, Hindia Barat, dan di tempat lain di Amerika. Spesies juga terjadi di Hong Kong, Thailand, Brunei, Singapura, dan bagian lain di Asia di mana hal itu mungkin atau mungkin tidak asli. Tanaman ini dibudidayakan di banyak daerah, juga.


Nama lain                               : Sambiloto
Nama tanaman asal              : Andrographis  paniculata (Nees)
Keluarga                                : Acanthaceae
Zat berkhasiat utama / isi     : 2 macam zat pahit yaitu suatu hablur kuning (androgon folida) yang rasanya  sangat pahit) dan kalmegin (zat amorf).  Minyak atsiri, alkaloida, asam kersik, damar, garam alkali.
Penggunaan                          : Tonikum, antipiretika, diuretika.
Pemerian                                : Tidak berbau, rasa sangat pahit.
Bagian yang digunakan       : Ranting berdaun.
Keterangan
- Penyimpanan                      : Dalam wadah tertutup baik.


Sumber
Prof. H. Maulana Surya I., S.Si., Apt.
Wikipedia
Riyawan.com | Kumpulan Artikel Farmasi & Keperawatan

Tidak ada komentar:
Write komentar