BLEWAH

BLEWAH

Blewah (Cucumis melo L. Kelompok Cantalupensis) adalah tumbuhan penghasil buah yang banyak digunakan sebagai minuman penyegar di Asia Tenggara, selain timun suri dan kolang-kaling. Blewah sejenis dengan melon namun berbeda kelompok budidaya. Ia berbentuk liana, seperti juga labu dan mentimun.

Blewah
Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong, dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan. Di balik kulit buah yang tipis, terdapat daging buah yang relatif lembut dan bertekstur. Di bagian dalamnya terdapat rongga yang berisi biji dan serat.

Blewah kaya kandungan mineral kalium, provitamin A, serat makanan, dan vitamin C. Kandungan gizi dalam buah ini bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menyehatkan fungsi ginjal, limpa, menurunkan tekanan darah, dan untuk menyembuhkan sariawan.

Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada belewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus. Gula alami dan enzim yang dikandung belewah mempunyai fungsi absorpsi atau penyerapan pada usus akibat makan tergesa-gesa shingga makanan tak terkunyah dengan baik, terlalu banyak makan makanan yang berbumbu, endapan obat-obatan, atau rasa mual karena rasa kuatir yang berlebihan.

MANFAAT BLEWAH UNTUK KESEHATAN

Blewah
Meningkatkan kekebalan tubuh
Vitamin A dan C dalam blewah bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan beta-karoten juga menjadi antioksidan yang mampu mencegah berbagai penyakit. Sebuah penelitian menunjukkan blewah dapat mengurangi risiko batu ginjal dan tulang keropos.

Menyehatkan mata dan Kulit
Karena kandungan vitamin A yang tinggi, konsumsi blewah mampu menyehatkan indera penglihatan kita.
Vitamin A juga berguna untuk memelihara kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Sementara vitamin C bermanfaat untuk membantu sintesis kolagen.

Menjaga kesehatan gusi dan Menurunkan kolesterol
Karena vitamin C yang tinggi, blewah berkhasiat menjaga kesehatan mulut dan gusi.
Blewah termasuk jenis buah rendah gula dan kalori. Oleh karena itu, blewah baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh.
Tingginya vitamin C dalam blewah mampu menurunkan kolesterol buruk (LDL) dalam darah sehingga menjaga kesehatan kardiovaskular. Vitamin C juga bermanfaat mencegah pembekuan darah dan memperkuat dinding kapiler.
Blewah termasuk jenis buah rendah gula dan kalori. Oleh karena itu, blewah baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh.
Buah ini tidak memiliki kandungan kolesterol sama sekali. Jadi, ini sangat aman bagi penderita masalah kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Melancarkan pencernaan
Konsumsi blewah juga membantu pencernaan dan menjaga kesehatan saluran urin termasuk mencegah infeksi pada saluran kemih. Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin A dan serat makanan dalam blewah.
Konsumsi jus blewah secara teratur dapat mengobati kurang nafsu makan, maag, dan infeksi saluran kemih.

Menurunkan tekanan darah
Kandungan kalium dalam blewah membantu dalam menurunkan tekanan darah karena terdapat kandungan vitamin C dan kalium pada blewah.

Mengatasi susah tidur
Blewah memiliki sifat sedatif, yang bermanfaat bagi penderita insomnia atau gangguan susah tidur pulas.

Mencegah kanker rahim
Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung gizi seperti beta karoten, vitamin C dan asam folat dapat berisiko terkenan kanker rahim. Namun dalam buah blewah kebutuhan Anda akan 3 nutrisi tersbut sudah bisa terpenuhi.

Wanita hamil dan janin
Kandungan folat yang tinggi pada buah blewah memabntu untuk menjaga dan memproduksi sel-sel baru, yang penting bagi wanita hamil demi kesehatan ibu dan pertumbuhan janin.
Blewah juga mengandung asam folat, yang dibutuhkan janin tumbuh sehat.

Rendah gula
Blewah ternyata juga memiliki indeks glikemik rendah (GI), fruktosa dan glukosa yang terdapat pada buah blewah adalah gula alami sederhana, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes dan obesitas. Blewah juga dapat mengurangi asam urat.


Sumber : Riyawan.com, Wikipedia.org, Merdeka.com, Manfaatnyasehat.blogspot.com

2 komentar:
Write komentar
  1. Khasiat yang sangat luar biasa teriamakasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 semoga artikelnya menambah pengetahuan Anda, terimakasih atas kunjunganya. :)

      Hapus