CINNAMOMI CORTEX


5.   CINNAMOMI  CORTEX  (FI)
Cassia Cina adalah relatif dekat dengan Ceylon kayu manis (C. verum), Saigon kayu manis (C. loureiroi, juga dikenal sebagai "kayu manis Vietnam"), dan kayu manis Indonesia (C. burmannii). Dalam semua empat spesies, kulit kering digunakan sebagai bumbu. Rasa cassia China kurang halus dibandingkan dengan kayu manis Ceylon; untuk alasan ini, itu lebih murah dan kadang-kadang disebut "bajingan kayu manis". Kulitnya lebih tebal, lebih sulit untuk menghancurkan, dan memiliki tekstur yang lebih kasar daripada Ceylon cinnamon.
Sebagian besar rempah-rempah dijual sebagai kayu manis di Amerika Serikat, Inggris dan India adalah kayu manis Cina (cassia C.). Semakin mahal Ceylon kayu manis (C. verum) adalah bentuk dari bumbu disukai di Meksiko dan Oceania. "Kayu manis Indonesia" (C. burmannii) juga biasa dijual di Amerika Serikat, di mana ia diberi label hanya sebagai kayu manis.
Cassia Cina diproduksi di China dan Vietnam. Sampai tahun 1960, Vietnam adalah produser yang paling penting di dunia Saigon kayu manis (C. loureiroi), spesies yang memiliki kandungan minyak yang lebih tinggi, dan akibatnya memiliki rasa yang lebih kuat. Saigon kayu manis begitu erat terkait dengan cassia Cina yang sering dipasarkan sebagai cassia meskipun perintah harga yang lebih tinggi jika diberi label dengan benar [rujukan?]. Karena gangguan yang disebabkan oleh Perang Vietnam, bagaimanapun, produksi cassia Indonesia (C. burmannii) di dataran tinggi pulau Indonesia Sumatera meningkat untuk memenuhi permintaan [rujukan?]. Cassia Indonesia memiliki kandungan minyak terendah dari tiga jenis cassia dan, akibatnya, perintah harga terendah. Saigon kayu manis hanya telah menjadi tersedia lagi sejak awal abad ke-21. Cassia Cina (C. cassia) memiliki rasa lebih manis daripada cassia Indonesia (C. burmannii), mirip dengan Saigon kayu manis (C. loureiroi), namun dengan kandungan minyak yang lebih rendah.
Di Cina, cassia Cina dikenal sebagai 肉桂 (Rou GUI), dan diproduksi terutama di provinsi-provinsi selatan Guangxi, Guangdong, dan Yunnan.
Cassia kulit (baik bubuk dan secara keseluruhan, atau "tongkat" bentuk) digunakan sebagai agen penyedap untuk permen, makanan pencuci mulut, kue-kue, dan daging; itu ditentukan dalam banyak resep kari, kayu manis Ceylon di mana kurang cocok. Cassia kadang-kadang ditambahkan ke Ceylon kayu manis, tetapi adalah lebih tebal, produk kasar. Cassia dijual sebagai potongan-potongan kulit (seperti yang digambarkan di bawah) atau duri atau tongkat sebagai rapi. Cassia tongkat dapat dibedakan dari Ceylon batang kayu manis dengan cara sebagai berikut: Ceylon batang kayu manis memiliki banyak lapisan tipis dan dapat dengan mudah dibuat menjadi bubuk menggunakan kopi atau rempah-rempah penggiling, sedangkan tongkat cassia sangat sulit dan biasanya terdiri dari satu lapisan tebal .
Cassia tunas, meskipun jarang, juga kadang-kadang digunakan sebagai rempah-rempah. Mereka menyerupai cengkeh dalam penampilan dan memiliki, rasa kayu manis bunga ringan. Cassia tunas terutama digunakan dalam resep kuno acar, bumbu-bumbu, dan teh
Wikipedia
Nama  lain
Nama tanaman asal
Keluarga
Zat berkhasiat utama / isi

Penggunaan

Pemerian
Bagian yang digunakan

Keterangan
- Cara panen







  
-Penyimpanan
:
:
:


:

:
:

:
:








:
Kulit Kayumanis,  Ceylon Cinnamon
Cinnamomum zeylanicum  (BI)
Lauraceae
Minyak atsiri  yang  mengandung egenol sinamilaldehida, zat penyamak, pati, lendir
Karminativa, menghangatkan lambung, dicampur dengan adstringensia lainnya untuk obat mencret
Bau aromatik, rasa pedas dan manis.
Kulit bagian dalam yang diperoleh dari anak batang yang telah dipangkas.

Tanaman yang berumur 2-3 tahun dipotong beberapa cm diatas tanah. Tunas-tunas baru dipilih 5-6  buah dan dibiarkan tumbuh untuk dipotong lagi setelah mencapai tinggi 2-3  meter.
Panen dilakukan pada musim hujan, batang-batang dikulit arah memanjang menjadi 2 bagian atau lebih. Diberkas dan didiamkan beberapa lama supaya terjadi fermentasi yang nanti mempermudah pengikisan epidermis dan jaringan hijau dibawah epidermis.
Dalam wadah tertutup baik

Sumber Prof. H. Maulana Surya I, S.Si., Apt.
Wikipedia.org
Riyawan.com | Kumpulan Artikel Farmasi & Keperawatan

1 komentar:
Write komentar
  1. Halo, mau berbagi info yang bermanfaat nih. Saya jual Dus Makanan. Barangkali ada pengunjung blog ini yang sedang butuh. Jika butuh bisa klik di sini.

    BalasHapus