Ephedra



5.  EPHEDRAE EQUISETINAE HERBA (MMI)
Ephedra
Ephedra adalah genus dari semak gymnosperm, satu-satunya genus dalam keluarga nya, Ephedraceae, dan ketertiban, Ephedrales. Berbagai spesies Ephedra tersebar luas di banyak negeri, asli barat daya Amerika Utara, Eropa Selatan, Afrika Utara, dan barat daya dan Asia Tengah, China utara, dan barat Amerika Selatan.
Di daerah beriklim sedang, sebagian besar spesies Ephedra tumbuh di pantai atau di tanah berpasir dengan paparan sinar matahari langsung. Nama-nama umum dalam bahasa Inggris termasuk Joint-pinus, Jointfir, Mormon-teh atau Brigham Tea. Nama Cina untuk spesies Ephedra adalah Ma Huang (Cina disederhanakan: 麻黄; tradisional Cina: 麻黄; pinyin: mahuang; Wade-Giles: ma-huang, harfiah: "ganja kuning"). Ephedras juga kadang-kadang disebut anggur laut (dari Perancis kismis de mer), nama umum untuk tanaman berbunga Coccoloba uvifera.
Tanaman dari genus Ephedra, termasuk Ephedra sinica dan lain-lain, secara tradisional telah digunakan oleh penduduk asli untuk berbagai tujuan pengobatan, termasuk pengobatan asma, demam, dan flu biasa. Alkaloid efedrin dan pseudoefedrin adalah konstituen aktif E. sinica dan anggota lain dari genus. Senyawa ini merupakan simpatomimetik dengan stimulan dan kualitas dekongestan dan terkait secara kimiawi dengan amfetamin.
Pollen dari Ephedra spp. ditemukan di situs pemakaman Shanidar IV di Irak, menunjukkan penggunaannya sebagai tanaman obat tanggal untuk lebih dari 60.000 tahun yang lalu. Ia telah mengemukakan bahwa Ephedra mungkin tanaman Soma agama Indo-Iran.
Nama lain
Nama tanaman asal
Keluarga
Zat berkhasiat utama / isi
Penggunaan
Pemerian
Bagian yang digunakan
Keterangan
- Penyimpanan
:
:
:
:
:
:
:

:
Herba  Ephedra Equisetina
Ephedra equisetina, Ephedra sinica
Ephedraceae
0,75 - 1,0 %  Ephedrina dan pseudoephedrina
Vasodilatansia.
Tidak berbau dan rasa pahit
Batang dan daun

Dalam wadah tertutup baik.
          
Sumber
Prof. H. Maulana Surya I., S.Si. Apt.
Wikipedia
Riyawan.com | Kumpulan Artikel Farmasi & Keperawatan

Tidak ada komentar:
Write komentar