HIRTAE


6.  HIRTAE HERBA  (MMI)
Euphorbia hirta (Patikan kebo)
Euphorbia hirta (Patikan kebo) atau dikenal oleh orang Filipina sebagai gatas-gatas atau tawa-tawa, daun biji kacang (Melayu), gelang susu, gendong anak(Jakarta), kukon-kukon, patikan, p. jawa, patikan kebo (Jawa), kak-sekakan (Madura), sosononga (Halmahera), isu maibi (Ternate), dan isu gibi (Tidore) adalah terna tegak dengan batang lunak yang biasanya tumbuh di tepi-tepi jalan.
Euphorbia hirta adalah gulma pantropical, mungkin berasal dari India. Ini adalah ramuan berbulu yang tumbuh di padang rumput terbuka, pinggir jalan dan jalur. Hal ini banyak digunakan sebagai ramuan obat di sebagian besar tempat tanaman ini tumbuh.
Euphorbia hirta telah terbukti dapat membunuh berbagai jenis bakteri patogen, Plasmodium (potently).
Euphorbia hirta telah diklaim memiliki efek kuratif pada pasien demam berdarah, berdasarkan kesaksian
Euphorbia hirta (Patikan kebo)
pribadi, khususnya di Filipina. Meskipun digunakan secara luas, tidak ada bukti untuk mendukung klaim ini. The Philippine Council Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (PCHRD), lengan penelitian kesehatan Departemen Ilmu dan Teknologi (Dost) ujung tombak penelitian untuk menilai komponen kuratif Euphorbia hirta untuk demam berdarah. Pesan yang membingungkan telah disajikan oleh perwakilan dari pemerintah Filipina. Departemen Kesehatan (DOH) mengatakan Euphorbia hirta tidak cukup untuk pasien demam berdarah kritis, dan mendesak terapi rehidrasi oral. Lainnya, seperti mantan Menteri Kesehatan Jaime Galvez Tan, secara aktif mempromosikan obat herbal. Mengingat keragaman bagaimana dengue dapat hadir (dengan atau tanpa pendarahan, berbagai serotipe virus, dll), khasiat ramuan ini dapat bervariasi.
Nama lain
Nama tanaman asal
Keluarga
Zat berkhasiat utama / isi
Penggunaan
Pemerian
Bagian yang digunakan
Keterangan
- Penyimpanan
:
:
:
:
:
:
:

:
Patikan kebo,  gendong anak.
Euphorbia hirta (L)
Euphorbiaceae
Alkaloida  dan damar
Obat batuk dan sedativa
Bau lemah, rasa agak pahit
Seluruh tanaman

Dalam wadah tertutup baik.

Sumber
Prof. H. Maulana SuryaI., S.Si., Apt
Wikipedia
Riyawan.com | Kumpulan Artikel Farmasi & Keperawatan

Tidak ada komentar:
Write komentar