PHYLLANTHI


10. PHYLLANTHI HERBA (MMI)
Meniran atau Phyllanthus urinaria
Meniran atau Phyllanthus urinaria adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk batang bulat, basah dan tinggi kurang dari 50cm. Daun dari tanaman meniran bertulang menyirip genap, setiap satu tangkai memiliki daun majemuk dengan ukuran yang kecil dan berbentuk lonjong. Bunga tumbuhan ini terdapat pada setiap ketiak daun serta menghadap ke bagian bawah. Meniran biasa hidup secara liar pada lahan terbuka, tanah berpasir, tepi sungai dan pantai. Meniran merupakan tumbuhan herba yang mudah sekali untuk tumbuh. Meniran umumnya tidak dipelihara, karena dianggap tumbuhan rumput biasa. Meniran tumbuh subur ditempat yang lembab pada dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Senyawa kimia yang terkandung di dalam tubuh meniran adalah zat filantin, kalium, damar dan zat penyamak. Tanaman ini dapat digunakan untuk obat penyakit kuning, disentri, batuk, demam, ayan, haid berlebihan dan malaria.

Meniran atau Phyllanthus urinaria tumbuh  mencapai sekitar 2 meter, memiliki daun alternatif kecil menyerupai orang-orang dari pohon mimosa, dibuang dalam dua rentang. Daun yang besar di ujung dan kecil menuju tangkai daun. Ketika disentuh, daun lipat otomatis. Bunga putih kehijauan, menit dan muncul di axiles daun, serta kapsul biji. Banyak buah hijau-merah kecil, bulat dan halus, yang ditemukan di sepanjang bagian bawah batang, yang tegak dan merah.

Meniran atau Phyllanthus urinaria berasal dari Asia, akan tetapi secara luas ditemukan di semua daerah tropis di dunia. Di Amerika Serikat, ditemukan di negara-negara selatan seperti Florida, Georgia, Alabama, South Carolina, New Mexico atau Texas.It adalah musim yang hangat, tahunan, gulma berdaun lebar yang muncul dari tanah yang hangat dimulai pada awal musim panas. Ini mereproduksi dengan biji, yang ditemukan di hijau, buah berkutil-seperti yang melekat pada bagian bawah cabang.

Meniran atau Phyllanthus urinaria dapat dimanfaatkan untuk  mengobati sakit maag, batu ginjal, melancarkan buang air kecil, obat sakit gigi, Hepatita, penyakit kulit, dan juga bermanfaat sebagai imunomodulator.  Kandungan meniran: kalium, tanin, damar, hipofilattin, isolintetralin,nirtetrali, nirurin, nirurinetin, hinokinin, norsecurinine, niranthin, phyllanthenol, phyllnirurin, phylltetrin, salicylic acid methyl ester, quercitrin, quercetin, ricinoleic acid, rutin, garlic acid, ascorbic acid, hydroxy niranthin, dan isoquercetin.

Meniran atau Phyllanthus urinaria dianggap sebagai gulma yang kompetitif di beberapa daerah, karena jumlah yang besar dari benih, tahan naungan tinggi dan sistem akar yang luas.
Nama lain
Nama tanaman asal
Keluarga
Zat berkhasiat utama / isi
Penggunaan
Pemerian
Bagian yang digunakan
Keterangan
- Penyimpanan
:
:
:
:
:
:
:

:
Meniran
Phyllanthus niruri (L)
Euphorbiaceae
Zat pahit filantin, damar, mineral, zat penyamak
Diuretika
Bau aromatik , rasa pahit
Semua bagian diatas tanah

Dalam wadah tertutup baik

Sumber
Prof. H. Maulana Surya I, S.Si., Apt
Wikipedia
Riyawan.com | Kumpulan Artikel Farmasi & Keperawatan



Tidak ada komentar:
Write komentar