SERPYLLI

11. SERPYLLI HERBA (MMI)
Thymus serpyllum, dikenal dengan nama umum Breckland thyme, thyme liar atau merayap thyme, adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga mint Lamiaceae, asli sebagian besar Eropa dan Afrika Utara. Ini adalah rendah, subshrub biasanya bersujud tumbuh 2 cm (1 in) tinggi dengan merayap batang hingga 10 cm (4 in) panjang. Daun hijau oval adalah 3-8 mm. Bunga-bunga sangat wangi yang baik lilac, pink-ungu, magenta, atau jarang putih, semua 4-6 mm panjang dan diproduksi dalam kelompok. The hardy tanaman mentolerir beberapa lalu lintas pejalan kaki dan menghasilkan bau mulai dari berat herbal untuk ringan lemon, tergantung pada varietas.

Thymus serpyllum
Tanaman ini daunnya berpasangan berlawanan, hampir stalkless, dengan berbentuk bulat panjang pisau bulat-tip linear dan margin untoothed. Tanaman mengirimkan up ereksi tunas berbunga di musim panas. Bunga-bunga biasanya merah muda atau ungu muda memiliki kelopak seperti tabung dan lurus tubed tidak teratur, corolla berbulu. Kelopak bagian atas berlekuk dan yang lebih rendah lebih besar dari dua kelopak lateral dan memiliki tiga lobus pipih yang membentuk bibir seorang. Setiap bunga memiliki benang sari empat memproyeksikan dan dua karpel menyatu. Buah ini kering, empat bilik schizocarp.

Thymus serpyllum hidup subur di zona Palearctic dari Eropa dan Asia. Ini adalah tanaman dari tanah tipis dan dapat ditemukan tumbuh di pasir-kotor heaths, singkapan berbatu, bukit, bank, pinggir jalan dan bank sungai pasir. Thyme liar adalah salah satu tanaman yang pakan larva kupu-kupu biru besar dan juga menarik bagi lebah.
Nama lain
Nama tanaman asal
Keluarga
Zat berkhasiat utama / isi

Penggunaan
Pemerian
Bagian yang digunakan
Keterangan
- Penyimpanan
:
:
:
:

:
:
:

:
Herba serpili
Thymus  serpyllum (L) 
Lamiaceae
Minyak atsiri yang mengandung timol, karvakol, pinen terpen, alkohol dan zat pahit serpilin.
Ekspektoransia 
Bau aromatik , rasa pedas dan sejuk.
Daun dan pucuk batang.

Dalam wadah tertutup baik dan terlindung cahaya.
Sumber
Prof. H. Maulana Surya I., S.Si., Apt
Wikipedia
Riyawan.com | Kumpulan Artikel Farmasi & Keperawatan

Tidak ada komentar:
Write komentar