Stramonium

12. STRAMONII HERBA (MMI) (MMI)




Datura stramonium, dikenal dengan nama umum Jimson gulma, snare Iblis atau datura, adalah tanaman di keluarga Solanaceae (nightshade). Hal ini diyakini berasal dari Amerika, tetapi sekarang ditemukan di seluruh dunia. Nama umum lain untuk Datura stramonium termasuk Thornapple dan bunga bulan, dan memiliki nama Spanyol Toloache. Nama lain untuk tanaman ini termasuk neraka Bells, Setan Trumpet, Devil Weed, Tolguacha, Jamestown Weed, Stinkweed, Locoweed, Pricklyburr dan Setan Cucumber. 

Datura stramoniumSelama berabad-abad, datura telah digunakan sebagai obat herbal untuk meringankan gejala asma dan sebagai analgesik selama operasi atau pengaturan tulang. Ini juga merupakan halusinogen kuat dan deliriant, yang digunakan secara rohani untuk visi intens menghasilkan. Namun, alkaloid tropane yang bertanggung jawab untuk kedua sifat obat dan halusinogen yang fatal beracun dalam jumlah hanya sedikit lebih tinggi dari dosis obat, dan penggunaan ceroboh sering mengakibatkan rawat inap dan kematian.

Datura stramonium berasal dari Amerika Utara, tetapi menyebar ke Dunia Lama awal. Itu dijelaskan secara ilmiah dan dinamai oleh ahli botani Swedia Carl Linnaeus tahun 1753, meskipun telah dijelaskan abad sebelumnya oleh dukun, seperti Nicholas Culpeper. Hari ini, tumbuh liar di seluruh wilayah hangat dan moderat di dunia, di mana ia ditemukan di sepanjang pinggir jalan dan di-kaya kotoran kandang ternak. Di Eropa, ditemukan sebagai gulma di daerah kritis dan dalam pembuangan sampah. 

Benih diduga dibawa oleh burung dan tersebar di kotoran mereka. Bijinya bisa berbohong bawah tanah aktif selama bertahun-tahun dan berkecambah ketika tanah terganggu. Orang-orang yang menemukan itu tumbuh di kebun mereka, dan khawatir tentang toksisitas, telah disarankan untuk menggalinya atau memiliki sebaliknya dihapus.

Datura stramonium adalah berbau busuk, tegak tahunan, bebas bercabang ramuan yang membentuk semak hingga 2 sampai 5 kaki (60-150 cm) tinggi. 

Akar adalah panjang, tebal, berserat dan putih. Batang adalah gemuk, tegak, berdaun, halus, dan pucat kuning-hijau. Garpu batang off berulang kali menjadi cabang-cabang, dan pada setiap garpu membentuk daun dan satu, tegak bunga. 

Daun sekitar 3 sampai 8 inci (8-20 cm) panjang, halus, bergigi, lembut, tidak teratur berombak. Permukaan atas daun adalah hijau gelap, dan bagian bawah adalah hijau muda. Daun memiliki rasa pahit dan memuakkan, yang diberikan kepada ekstrak rempah, dan tetap bahkan setelah daun telah dikeringkan. 

Datura stramonium umumnya bunga sepanjang musim panas. Bunga-bunga harum yang berbentuk terompet, putih untuk krim atau ungu, dan 2 1/2 sampai 3 1/2 inci (6-9 cm) panjang, dan tumbuh pada batang pendek baik dari axils daun atau tempat di mana cabang garpu. Kelopak panjang dan tubular, bengkak di bagian bawah, dan miring tajam, diatasi oleh lima gigi yang tajam. The corolla, yang dilipat dan hanya sebagian terbuka, putih, berbentuk corong, dan memiliki tulang   rusuk menonjol. Bunga-bunga terbuka di malam hari, memancarkan aroma yang menyenangkan dan diberi makan atas oleh ngengat nokturnal. 

The kapsul biji berbentuk telur adalah 1 sampai 3 inci (3-8 cm) dengan diameter dan baik ditutupi dengan duri atau botak. Pada saat jatuh tempo itu terbagi menjadi empat ruang, masing-masing dengan puluhan biji hitam kecil.

Datura stramonium telah lama digunakan sebagai pengobatan yang sangat efektif untuk gejala asma. Agen anti-asma aktif adalah atropin, yang menyebabkan kelumpuhan cabang paru paru-paru, menghilangkan kejang yang menyebabkan serangan asma. Daun umumnya merokok baik dalam rokok atau pipa. Praktek datura merokok untuk meringankan asma memiliki asal-usul dalam pengobatan Ayurvedic tradisional di India. Setelah ini ditemukan pada akhir abad ke-18 oleh James Anderson, Inggris Dokter Jenderal East India Company, praktek dengan cepat menjadi populer di Eropa. 

The Zuni terbiasa menggunakan datura sebagai analgesik, untuk membuat pasien tidak sadar ketika patah tulang yang ditetapkan. Orang Cina juga digunakan dalam cara ini, sebagai bentuk anestesi selama operasi. 

Atropin dan skopolamin (yang keduanya ditemukan dalam konsentrasi yang sangat tinggi dalam datura) merupakan antagonis muskarinik yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson dan mabuk perjalanan, dan untuk menghambat stimulasi parasimpatis dari saluran kemih, saluran pernapasan, saluran pencernaan, jantung dan mata . 

Datura dapat digunakan untuk membantu dalam proses melanggar kecanduan narkoba, dengan mengurangi gejala tremens delirium dan penarikan morfin. 

Menggunakan obat lain untuk datura termasuk memberikan bantuan dari sakit tenggorokan atau sakit gigi dan menyingkirkan parasit. 

Datura harus dihindari oleh pasien dengan masalah jantung, glaukoma, pembesaran prostat, kesulitan kencing, penumpukan cairan di paru-paru, atau penghalang usus.


Nama Lain:Herba stramonii
Nama Tanaman Asal:Datura stramonium, Datura stramonium varietas tatula.
Keluarga:Solanaceae
Zat utama / isi:Terutama daturin (hiosiamina), skopolamina
Persyaratan kadar:Hiosiamina tidak kurang dari 0,25 %
Penggunaan:Sesak nafas, nyeri, nyeri haid, parkinsonisme
Pemerian:Bau tidak enak, rasa pahit
Keterangan:
- Jenis – jenis :1) Datura stramonium berbunga putih. 
2) Datura stramonium varietas tatula, berbunga merah ungu (urat daun dan batangnya ungu ), biji-biji lebih tinggi kadar alkaloidanya, tetapi berhubung berisi minyak lemak maka sukar disari untuk dibuat sediaan yang stabil.
- Penyimpanan:Dalam wadah tertutup baik.



Sumber
Prof. H. Maulana Surya I, M.Si., Apt.
Wikipedia
Riyawan.com | Kumpulan Artikel Farmasi & Keperawatan

Tidak ada komentar:
Write komentar