Thymi

THYMI HERBA (MMI)


Thymus vulgaris atau Herba Thymi adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga mint Lamiaceae, asli ke Eropa selatan dari Mediterania barat ke Italia selatan. Tumbuh 15-30 cm (6-12 in) tinggi sebesar 40 cm (16 in) lebar, itu adalah lebat, berbasis kayu cemara subshrub dengan kecil, sangat aromatik, daun abu-abu-hijau dan kelompok bunga ungu atau merah muda di awal musim panas.

Thymus vulgaris atau Herba Thymi di taman berguna sebagai groundcover, di mana ia dapat berumur pendek, tetapi dengan mudah diperbanyak dengan stek. Itu juga merupakan sumber utama   dari thyme sebagai bahan dalam memasak dan sebagai obat herbal.

Herba Thymi atau Thymus vulgaris
Herba Thymi atau Thymus vulgaris adalah salah satu jenis tanaman yang sudah lama digunakan sebagai anti batuk. Efek utama sebagai pengeluar dahak atau ekspektoran dan anti pasmodik. Hal tersebut berkaitn dengan kandungan Minyak Atsiri (timol dan karvakrol), serta flavonoid yang dikandung oleh herba timi. Pemberian minyak thimi secara oral dan intra muscular pada hewan coba, memperlihatkan stimulasi saluran pernapasan. Penggunaan sirup dengan ekstrak thimi selama 5 hari, terbukti memberikan efek yang sama dengan obat bromheksin. Zat aktif yang terdapat pada minyak timi adalah senyawa phenol dengan komponen utamanya terdiri dari thymol sebesar 30-70% dan carvacrol 70%. Selain zat itu, senyawa thymol methyl eter, p-cymene, terpinene, linalool, dan juga mengandung senyawa golongan flavonoid yaitu Circineol, 8-methoxycircineol, thymonin dan eriodyctol. 

Herba Thymi memiliki ukuran daun 4-12 mm untuk panjang dan lebar sampai 3mm, memiliki tangkai daun yang sangat pendek. Daun berbentuk lonjong sampai bulat telur. Kelopak berwarna hijau, sering disertai bintik-bintik ungu, dan berbentuk tubular. Setelah berbunga, tabung kelopak ditutup oleh mahkota yang panjang dan berambut kaku. Mahkota bunga biasanya berwarna kecoklatan dalam keadaan kering dan sedikit berbibir dua.



Nama Lain:Herba Thymi
Nama Tanaman Asal:Thymus vulgaris (L)
Keluarga:Lamiaceae
Zat utama / isi:Minyak atsiri yang mengandung timol, terdapat pula karvakol, pinen, linalool dan bornil asetat.
Persyaratan kadar:Kadar minyak atsiri tidak kurang dari 1,0 % v/b
Penggunaan:Obat batuk (ekspektoransia)
Pemerian:Bau aromatik, rasa pedas, sejuk
Keterangan:
-Sediaan :Thymi Extractum (Form Nas), Sirupus Thymi Sirupus Thymi Bromatus
- Penyimpanan:Dalam wadah tertutup baik dan terlindung cahaya



Sumber
Prof. H. Maulana Surya I, S.Si., Apt.
Wikipedia
Riyawan.com | Kumpulan Artikel Farmasi & Keperawatan

1 komentar:
Write komentar
  1. Terima Kasih Buat info dan artikelnya, Jadi Saya tahu bahwa banyak sekali jenis tanaman.

    BalasHapus