Manfaat Daun Sirih

Daun Sirih (Piper betle)
Daun Sirih
Sirih adalah merupakan tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia yang hidup tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Di Indonesia, sirih merupakan flora khas provinsi Kepulauan Riau. Masyarakat Kepulauan Riau sangat menjunjung tinggi budaya upacara makan sirih khususnya saat upacara penyambutan tamu dan menggunakan daun sirih sebagai obat berbagai jenis penyakit. Walaupun demikian tanaman sirih banyak dijumpai di seluruh Indonesia dan sebagaian dimanfaatkan sebagai  tanaman hias.

Ciri-ciri Tanaman Sirih
Tanaman Daun Sirih
Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 - 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 - 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

Kandungan dan manfaat Daun Sirih
Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan. Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol daun sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap.

Kegunaan Daun Sirih Sebagai Pengobatan
1.       Batuk
Daun Sirih mengandung zat yang dapat menghambat atau membunuh virus, oleh karena itu daun sirih dapat dijadikan obat alternatif untuk batuk berdahak. Dengan cara merebus daun Sirih secukupnya dan campurkan juga potongan Jahe. Kemudian air rebusannya diminum sebanyak minimal sekali dalam sehari supaya tubuh tetap hangat dan sehat. Daun Dan Minyak Sirih dapat juga digunakan sebagai obat Radang tenggorokan.
2.       Sariawan
Daun Sirih mengandung antioksidan yang dapat membunuh kuman. Untuk mengatasi sariawan, daun sirih bisa di kunyah langsung atau berkumur dengan rebusan daun sirih yang diberi sedikit garam.
3.       Jerawat
Daun Sirih mengandung  zat antibakteri dan antiseptik yang berfungsi untuk mengatasi Obat jerawat.  Jerawat yang tumbuh di wajah, punggung, dan dada dapat diatasi dengan rebusan air daun sirih dan mengoleskannya. Rebus atau seduh daun sirih secukupnya, lalu gunakan  kapas untuk mengoleskan pada tempat tumbuhnya jerawat. Anda dapat melakukan dua kali dalam sehari dan biarkan sebentar setelah diolekan agar kandugan antiseptik, antibakteri, dan anti inflamasinya bekerja
4.       Menghilangkan Gatal
Daun Sirih dapat digunakan untuk Obat gatat. Gatal yang disebabkan karena masalah kulit atau alergi dapat diredakan dengan air rebusan daun sirih. Rebuslah 10-12 daun sirih dengan dua gelas air dan sisakan satu gelas. Siramkan air rebusan ini ke tubuh yang mengalami gatal setelah suhu air tersebut hangat, atau rendam bagian yang gatal ke dalam rebusan daun sirih.
5.       LukaBakar
Daun Sirih dapat digunakan sebagai pencegah peradangan atau mengurangi rasa perih pada penderita luka bakar ringan. Fungsi dari daun sirih ini akan meringankan luka bakar yang sifatnya ringan. Caranya, ambil beberapa daun sirih segar yang telah dibersihkan, remas-remas, dan tempelkan di kulit bersama dengan madu murni.
6.       Bau ketiak
Dau Sirih dapat digunakan untuk mengatasi bau badan. Meminum rebusan air Daun Sirih dapat membantu mengurangi bau badan. Untuk melengkapinya, dapat pula mengoleskan air rebusan ini ke ketiak atau lipatan tubuh lain yang berpotensi menimbulkan bau, seperti belakang telinga atau lipatan siku tangan.
7.       Keputihan
Daun Sirih dapat digunakan untuk mengatasi Keputihan. Manfaat daun sirih untuk mencegah atau mengobati penyakit keputihan telah banyak dikenal oleh masyarakat luas. Cara pengunaanya dengan cara merebus beberapa lembar daun sirih, cuci bersih, rebus dan gunakan airnya untuk cebok. Selanjutnya buat resep untuk diminum dengan menyediakan beberapa lembar daun sirih, kunyit, sambiloto/tapak liman, dan kumis kucing. Rebus semua bahan tersebut, saring airnya, lalu minum setiap hari hingga keputihan yang Anda derita sembuh, dan Daun Sirih Juga dapat digunakan untuk mengatasi haid yang tidak teratur.
8.       Mimisan
Daun Sirih juga bersifat menghentikan perdarahan, jadi bisa digunakan untuk obat hidung berdarah atau mimisan, dengan cara pakai 2 lembar daun segar, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam lubang hidung yang berdarah.
9.       Sakit gigi karena berlubang
Daun sirih mengandung antiseptik untuk mencegah gigi berlubang dan dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut. Cara penggunaanya yaitu dengan cara mnyediakan 1 lembar daun sirih, cuci bersih, lalu kunyah selama beberapa menit. Lakukan resep ini selama 2-3 kali sehari.  Atau Anda dapat menggunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur setiap selesai makan. Jika Anda mengalami perdarahan gusi, Anda bisa menggunakan Daun sirih untuk obat alternatif karena Daun Sirih juga bersifat menahan perdarahan. Getah Daun Sirih juga bisa digunakan untuk obat gusi bengkak, cara pengobatanya cukup oleskan getah Daun Sirih pada gusi Anda yang bengkak.
Namun menurut penelitian sering mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Juga kapurnya mebuat pengerutan gusi (periodentitis) yang dapat membuat gigi tanggal.
10.    Menurut penelitian Daun Sirih Juga dapat digunakan untuk penderita Demam berdarah, Asma, Membersihkan Mata, Eksim, Koreng (pyodermi), Kurap kaki, Bisul, Sakit mata, dan Mengurangi produksi ASI yang berlebihan

Sumber :
Wikipedia
Prof. H. Maulana Surya I. S.Si., Apt
Riyawan.com | Kumpulan Artikel Farmasi & Keperawatan

7 komentar:
Write komentar
  1. Sangat berguna dan banyak manfaatnya,, maksih atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Gan, Makasih atas kunjunganya and semoga daganganya laris. :)

      Hapus
  2. sangat bermanfaat infonya terimaksih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Gan, makasih atas kunjunganya, semoga daganganya banyak yang pesan. :D

      Hapus
  3. informasi dan artikel yang berguna sekali terimakasih :D

    BalasHapus
  4. daun sirik juga sangat bermanfaat terutama untuk daerah kewanitaan . terimakasih artikelnya sangat menarik sekali :D

    BalasHapus
  5. daun sirih juga di percaya dapat menghilangkan bau yang tidak sedap untuk daerah kewanitaan terimakasih :D

    BalasHapus