Manfaat Mentimun

Mentimun

Mentimun
Mentimun (Cucumis sativus) merupakan tanaman dibudidayakan secara luas dalam keluarga labu, Cucurbitaceae. Ini adalah anggur merayap yang menyandang buah silinder yang digunakan sebagai sayuran kuliner. Ada tiga jenis utama dari mentimun: mengiris, pengawetan, dan burpless. Dalam varietas tersebut, beberapa kultivar yang berbeda telah muncul. Mentimun adalah berasal dari Asia Selatan, tapi sekarang tumbuh di sebagian besar benua. Banyak varietas yang berbeda diperdagangkan di pasar global.
Mentimun (Cucumis sativus)Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air yang cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci). Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.
Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Kandungan dan Manfaat Mentimun
Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Mentimun juga mengandung berbagai manfaat kesehatan lainnya bagi tubuh kita. Diantaranya yaitu :
Mencegah Sembelit
Rajin menkonsumsi mentimun bisa sebagai obat untuk mengatasi sembelit, karena kalori mentimun cukup rendah, yaitu hanya 15 gram kalori per 100 gram, mentimun juga tidak mengandung lemak, dan kulit mentimun mengandung serat makanan yang tinggi, yang membantu untuk mengurangi sembelit, gangguan pencernaan dan mencegah penyakit lambung yang berkaitan dengan detoksifikasi usus.

Penghilang Racun
Mentimun memiliki kandungan air hampir 90% hal itu sangat bagusuntuk menghilangkan racun didalam tubuh dan dikeluarkan melalui urine maupun keringan yang kita keluarkan dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Pencegah Kanker
Mentimun baik untuk pencegah kangker ini dikarenakan, timun mengandung lignin yang memiliki fungsi mencegah dari berbagai jenis kanker yang mengancam jiwa seperti kanker payudara, ovarium, rahim serta prostat.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Pada Tubuh
Mentimun mengandung vitamin C yang berperan nyata untuk mempertahankan kondisi tubuh agar tidak mudah sakit maupun terserang berbagai penyakit seperti perubahan cuaca dan lain-lain.

Pengontrol Tekanan Darah Yang Lebih Baik.
Ketimun adalah salah satu sumber kalium (potassium) terbaik, yaitu mengandung sekitar 147 miligram kalium per 100 gram. Senyawa Elektrolit yang ramah jantung ini bermanfaat mengurangi tingkat tekanan darah tinggi, kandungan kalium, magnesium serta serat dalam timun ternyata sangat efektif mengobati tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah yang sering dialami oleh sebagian orang.

Obat Alternatif Diabetes
Jus mentimun mengandung hormon yang sangat dibutuhkan oleh pankreas untuk memproduksi insulin yang sangat bermanfaat bagi pasien diabetes. Tembaga yang juga terkandung dalam mentimun juga membantu untuk menghasilkan sel darah yang sehat, dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Menyehatkan Kulit
Sebagian besar produk perawatan kulit dibuat dengan menggunakan mentimun sebagai salah satu bahan utamanya. Buah ketimun mentah juga banyak digunakan di banyak salon kecantikan dalam proses facial, yang bertujuan untuk mengurangi keriput dan bengkak di sekitar mata.

Efek Samping Mentimun
  • Dapat menyebabkan Alergi, terutama di sekitar rongga mulut yang menimbulkan gatal dan pembengkakan. Hal ini dapat dicegah dengan memasaknya, atau tidak dimakan dalam bentuk mentah .
  • Dapat menyebabkan masalah gastritis dan gangguan pencernaan pada beberapa orang, terutama karena disebabkan adanya senyawa cucurbitacin.
  • Ketimun juga bisa menyebabkan keracunan dan kebotakan karena bahan kimia yang ditemukan dalam mentimun. Hal ini biasanya terjadi jika seseorang mengkonsumsi mentimun secara berlebihan. Hindari juga memilih buah ketimun yang berkulit keriput, atau yang memiliki rasa agak pahit.
Sumber: wikipedia.org, riyawan.com




4 komentar:
Write komentar
  1. artikel yang sangat bagus dan menarik terimakasih :D

    BalasHapus
  2. senang sekali berkunjung di blog anda karena mentimun itu sangat cocok dijadikan lalab + sambel ketika makan terimaksih :D

    BalasHapus
  3. infornya sangat bermanfaat sekali terimakasih :D

    BalasHapus