Ginseng

Panax Ginseng

Panax Ginseng
Ginseng (bahasa Latin: Panax) adalah sejenis terna berkhasiat obat yang termasuk dalam suku Araliaceae. Ginseng tumbuh di wilayah belahan bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Jenis ginseng tropis dapat ditemukan di Vietnam, yaitu Panax vietnamensis. Nama "ginseng" diambil dari bahasa Inggris, yang dibaca mengikuti lafal Bahasa Kantonis, jên shên, dalam bahasa Mandarin dibaca "ren shen", "人蔘" (duplikat manusia), karena bentuk akar yang menyerupai manusia.

Ginseng digunakan dalam pengobatan tradisional. Akar tanaman ini dapat memperbaiki aliran dan meningkatkan produksi sel darah merah, serta membantu pemulihan dari penyakit.

Di Indonesia terdapat juga tumbuhan yang memiliki khasiat sama dengan ginseng yaitu ginseng Jawa atau som jawa, Talinum paniculatum Gaertn. dan kolesom, Talinum triangulare Wild. Di dalam pengobatan tradisional akarnya dicampur dengan berbagai jenis obat dan yang paling terkenal dalam bentuk campuran anggur. Kajian mengenai khasiat dan kegunaanya telah dilakukan untuk menjadikan kolesom sebagai ginseng Indonesia.

Manfaat
  • Panax ginseng digunakan untuk memajukan pemikiran, konsentrasi, memori dan efisiensi kerja, stamina fisik, dan daya tahan atletik.
  • Beberapa orang menggunakan Panax ginseng untuk membantu mereka mengatasi stres, panax ginseng juga digunakan untuk depresi, kecemasan, sindrom kelelahan kronis (CFS), untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan untuk memerangi infeksi tertentu dalam penyakit paru-paru yang disebut cystic fibrosis. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri bernama Pseudomonas.
  • Beberapa orang menggunakan Panax ginseng untuk mengobati kanker payudara dan mencegah kanker ovarium, kanker hati, kanker paru-paru, dan kanker kulit.
  • Kegunaan lain termasuk pengobatan anemia, diabetes, radang selaput perut (gastritis), demam, mabuk, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), dan asma.
  • Panax ginseng juga digunakan untuk gangguan perdarahan, kehilangan nafsu makan, muntah, masalah usus, fibromyalgia, masalah tidur (insomnia), nyeri saraf, nyeri sendi, pusing, sakit kepala, kejang, gangguan kehamilan dan persalinan, hot flashes karena menopause, dan untuk memperlambat proses penuaan.
  • Beberapa orang menggunakan Panax ginseng pada kulit penis sebagai bagian dari produk multi-bahan untuk mengobati orgasme dini (ejakulasi dini). Pria juga menggunakannya untuk disfungsi ereksi (ED). Ada beberapa bukti bahwa Panax ginseng efektif untuk menggunakan ini.
  • Dalam manufaktur, Panax ginseng digunakan untuk membuat sabun, kosmetik, dan sebagai penyedap dalam minuman.
  • Dalam pengobatan Barat, Panax ginseng digunakan sebagai stimulan untuk membuat orang lebih aktif. Tapi, sebaliknya, dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM), Panax ginseng digunakan untuk membuat orang merasa lebih tenang. Hal ini juga banyak digunakan di China untuk jantung dan pembuluh darah. Dosis yang lebih tinggi biasanya digunakan dalam TCM daripada di kedokteran Barat.
Peringatan
Kehamilan dan menyusui
Selama kehamilan mengkonsumsi Panax ginseng mungkin tidak aman. Salah satu bahan kimia dalam Panax ginseng telah ditemukan menyebabkan cacat lahir pada hewan. Jangan gunakan Panax ginseng jika Anda sedang hamil.
Tidak cukup diketahui tentang keamanan Panax ginseng selama menyusui.
Bayi dan anak-anak
Kemungkinan tidak aman pada bayi dan anak-anak. Menggunakan Panax ginseng pada bayi telah dikaitkan dengan keracunan yang bisa berakibat fatal. Keamanan Panax ginseng pada anak-anak yang lebih tua tidak diketahui. Sampai lebih banyak dikenal, tidak menggunakan Panax ginseng bahkan pada anak-anak yang lebih tua.
Auto-imun penyakit
seperti multiple sclerosis (MS), lupus (systemic lupus erythematosus, SLE), rheumatoid arthritis (RA), atau kondisi lain: Panax ginseng tampaknya meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh. Ini mungkin membuat penyakit auto-imun yang lebih buruk. Jangan gunakan Panax ginseng jika Anda memiliki kondisi auto-imun.
Pendarahan
Pendarahan kondisi: ginseng Panax tampaknya mengganggu pembekuan darah. Jangan gunakan Panax ginseng jika Anda memiliki kondisi perdarahan.
Kondisi Jantung
Panax ginseng dapat mempengaruhi irama jantung dan tekanan darah sedikit pada hari pertama digunakan. Namun, biasanya tidak ada perubahan dengan terus digunakan. Namun demikian, Panax ginseng belum diteliti pada orang dengan penyakit jantung. Gunakan Panax ginseng dengan hati-hati jika Anda memiliki penyakit jantung.
Panax ginseng dapat menurunkan gula darah. Pada orang dengan diabetes yang mengambil obat untuk menurunkan gula darah, menambah Panax ginseng dapat menurunkan gula darah terlalu banyak. Memonitor gula darah Anda dengan cermat jika Anda memiliki diabetes dan menggunakan Panax ginseng.
Hormon-Sensitif
Kondisi hormon-sensitif seperti kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium, endometriosis, atau uterine fibroid: ginseng Panax mengandung bahan kimia (ginsenosides) yang dapat bertindak seperti estrogen. Jika Anda memiliki kondisi yang mungkin diperburuk oleh paparan estrogen, tidak menggunakan Panax ginseng.
Insomnia
Kesulitan tidur (insomnia): Dosis tinggi dari Panax ginseng telah dikaitkan dengan insomnia. Jika Anda mengalami kesulitan tidur, harap gunakan Panax ginseng dengan hati-hati.
Skizofrenia (gangguan mental)
Dosis tinggi dari Panax ginseng telah dikaitkan dengan masalah tidur dan agitasi pada orang dengan skizofrenia. Hati-hati saat menggunakan Panax ginseng jika Anda memiliki skizofrenia.
Transplantasi organ
Panax ginseng mungkin bisa membuat sistem kekebalan tubuh lebih aktif. Ini bisa mengganggu efektivitas obat yang diberikan setelah transplantasi organ untuk mengurangi kemungkinan bahwa organ akan ditolak. Jika Anda telah menerima transplantasi organ, jangan gunakan Panax ginseng

PANACIS RADIX (MMI) / Ginseng
Nama  lain     
:
Ginseng
Nama  tanaman asal
:
Panax schinseng
Keluarga
:
Araliaceae
Zat berkhasiat utama/isi
:
Glukosida panakuilon, minyak atsiri, damar, panaks, sapoginol
Penggunaan
:
Amara dan stimulansia
Pemerian
:
Bau lemah, rasa manis. pedas dan agak pahit
Bagian yang digunakan
:
Akar
Keterangan
-Sediaan
:
Serbuk dan Vinum
- Waktu panen
:
Dikumpulkan pada musim gugur dari tanaman yang berumur 5 sampai 6 tahun
- Penyimpanan
:
Dalam wadah tertutup baik

Artikel Yang Terkait Radik Untuk Tanaman Herbal

Sumber
^Blog Riyawan^
^Wikipedia^
^webMD^

1 komentar:
Write komentar