Pule Pandak

Pule Pandak
Pule Pandak
Pule pandak adalah tanaman bunga dari famili Apocynaceae yang telah banyak digunakan dalam industri obat. Tanaman ini tersebar di India, Myanmar, Thailand, dan Indonesia (terutama Jawa). Nama ilmiahnya Rauvolfia serpentina dibuat untuk menghormati seorang ahli botani berkebangsaan Inggris, Leonhard Rauwolf.
Pule pandak umumnya tumbuh mencapai 1 m, batangnya silindris dengan percabangan berarna coklat abu-abu yang mengeluarkan cairan jernih bila dipatahkan. Tanaman ini kadang ditemukan di pekarangan rumah sebagai tanaman hias, tetapi lebih sering tumbuh liar di ladang, hutan jati atau tempat-tempat lain sampai ketinggian 1.000 m di atas permukaan laut. Bunganya bunga majemuk, dengan mahkota bunga putih atau dadu berkumpul berbentuk payung keluar dari ketiak daun atau ujung percanbangan.
Manfaat Pule pandak
Pule pandak dapat menyembuhkan tekanan darah tinggi (hipertensi), sakit kepala, vertigo, insonmnia, radang empedu, epilepsi, bisul, serta luka akibat gigitan ular atau kalajengking.
Akar Pule Pandak mengandung alkoloid reserpine yang berfungsi sebagai obat anti Hipertensi (tekanan darah tinggi) dan obat penenang. Akarnya mengandung tidak kurang dari 20 macam alkoloid dan total ekstrak dari akarnya berkhasiat sebagai obat hipertensi, aprodisiaka dan gangguan neuropsikiatrik. Akarnya hingga kini sering digunakan dalam pengobatan tradisional dan modern. Kandungan alkoloid yang utama adalah reserpine.

RAUWOLFIAE SERPENTINAE RADIX (FI) / Pule Pandak
Nama  lain     
:
Akar Pule pandak
Nama  tanaman asal
:
Rauwolfia serpentina
Keluarga
:
Apocynaceae
Zat berkhasiat utama/isi
:
Alkaloid – alkaloid : aymalin, aymalisina, aymalinina, serpentina, reserpina
Persyaratan kadar 
:
Alkaloid sejenis reserpina, dihitung sebagai reserpina tidak kurang dari 0,15 %
Penggunaan
:
Antihipertensi dan gangguan neuropsikhiatrik
Pemerian
:
Tidak berbau, rasa pahit
Bagian yang digunakan
:
Akar dan pangkal batang
Keterangan
- Waktu panen
:
-
- Penyimpanan
:
Dalam wadah tertutup baik
Artikel Yang Terkait Radik Untuk Tanaman Herbal

Sumber
^Blog Riyawan^
^Wikipedia^

1 komentar:
Write komentar
  1. Thank you for all that you have given to me, hopefully all of these are useful for all of us.
    obat penyakit tipes

    BalasHapus