Srikaya



Buah Srikaya


SrikayaBuah srikaya merupakan buah yang memiliki bentuk khas jika dibandingkan dengan buah-buah lain pada umumnya. Srikaya atau buah nona (Annona squamosa), adalah tanaman yang tergolong ke dalam genus Annona yang berasal dari daerah tropis. Srikaya kaya akan energi makanan dan merupakan sumber zat besi yang baik.
Buah srikaya berbentuk bulat dengan kulit bermata banyak (serupa sirsak). Daging buahnya berwarna putih.
Srikaya termasuk semak semi-hijau abadi atau pohon yang meranggas mencapai hingga 8 m tingginya. Daunnya berselang, sederhana, lembing membujur, 7 sampai 12 cm panjangnya, dan berlebar 3 sampai 4 cm. Bunganya muncul dalam tandan sebanyak 3 sampai 4, tiap bunga berlebar 2 sampai 3 cm, dengan enam daun bunga/kelopak, kuning-hijau berbintik ungu di dasarnya.

Karakteristik Buah Srikaya
SrikayaBuah srikaya adalah buah yang cukup mudah kita temui. Jika kita pergi ke pasar atau toko buah pasti buah tersebut cukup mudah kita jumpai. Peminat yang cukup banyak menjadikannya banyak dijual di masyarakat. Bahkan tak jarang masyarakat yang justru memiliki pohon buah ini sendiri di pekaranganya. Namun selama ini kita hanya mengenal srikaya sebagai tanaman yang memiliki buah yang dapat dikonsumsi sedangkan tidak begitu paham tentang karakteristik buah itu sendiri.
Berikut adalah karakteristik srikaya:
  • Srikaya memiliki daging buah berwarna putih. Jika buah srikaya sudah matang maka akan memilik rasa yang manis dan akan memilik biji berwarna hitam mengkilap.
  • Buah srikaya atau buah nona ini memiliki bentuk bulat. Kulit buah mempunyai ciri khas – memiliki kulit dengan mata-mata menyerupai benjolan-benjolan yang cukup banyak dan memenuhi kulit buah (hampir mirip buah sirsak).
  • Srikaya memeliki bunga sebanyak 3-5 yang muncul di dalam tandan. Bunga-bunga dari srikaya masing-masing memiliki lebar berkisar 2 – 3 cm, dengan enam helai daun bunga atau kelopak, warnanya kuninh-hijau serta berbintik kecil berwarna ungu di dsaranya.
  • Buah srikaya pada umumnya berbetuk bulat dan sedikit mengerucut. Rata-rata buah srikaya memiliki diameter 5 sampai 10 cm.
  • Pohon srikaya mampu tumbuh di tanah kering, dan sama seperti pada umumnya tumbuhan maka srikaya juga membutuhkan sinar mataharai secara langsung.
  • Pohon srikaya rata-rata akan berbuah normal pada saat sudah berusia kisaran 3 sampai 5 tahun.
  • Pohon srikaya memiliki ketinggian antara 2 sampai 5 meter. Pohon srikaya memiliki warna keabu-abuan dan kulit pohonnya cukup tipis.
  • Pohon buah srikaya memiliki daun yang berselang-selang, lembing dan membujur dengan panjang berkisar antara 6 sampai 12 cm dan dengan lebar antara  3 sampai 4 cm.

Telah dijelaskan di atas beberapa karakteristik dari srikaya secara umum. Untuk ukuran-ukuran yang dijelaskan baik dari ukuran daun hingga tinggi pohon itu hanya bersifat rata-rata pada umumnya pohon buah srikaya. Ukuran-ukuran tersebut bisa saja ditemukan berbeda papa kemudian hari. Tentunya hal ini disebabkan oleh banyak faktor yang mempengaruhinya, baik dari faktor alam maupun faktor manusia.

Manfaat Buah Srikaya
Selain sebagai konsumsi buah yang menyehatkan, biji buah Srikaya dapat digunakan sebagai pestisida nabati. Misalnya ekstrak biji Srikaya digunakan untuk mengendalikan serangan hama ulat Spodoptera litura, Plutella xylostella, dan Rayap tanah. Ekstrak biji Srikaya berfungsi sebagai racun perut pada serangga hama tersebut.

Kandungan Pohon Srikaya
Pohon terdiri dari komponen-komponen tumbuhan yang cukup penting, salah satunya adalah kulit kayu dan akar. Kulit kayu dan akar dari pohon srikaya mengandung banyak kandungan yang cukup bermanfaat bagi kesehatan manusia, meskipun sebagian dari kandungan pohon srikaya juga dimiliki dalam kandungan di tanaman-tanaman lainnya. Kandungan akar dan kulit pohon srikaya di antaranya adalah:
Kandungan batang:
·         Alkaloid anonain
·         Flavonida
·         Kamphor
·         Terpene
·         Borneol
Kandungan akar:
·         Saponin
·         Tanin
·         Polifenol
·         Flavonoid
·         Borneol
·         Terpen
·         Alkaloid anonain

Manfaat Buah Srikaya Untuk Kesehatan

1. Dapat Menurunkan Kolesterol Tinggi
Srikaya yang memiliki cukup banyak kandungan niasin sehingga buah srikaya mampu menurunkan kadar kolesterol bagi penderita kolesterol. Konsumsi rutin buah ini akan membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh manusia.

2. Sangat baik untuk pencernaan
Buah srikaya memiliki kandungan serat yang baik, kandungan tersebut menjadikan srikaya baik untuk dikonsumsi bagi para penderita konstipasi karena serat tersebut akan mampu memperlancar pencernaan pada manusia., sehingga dapat memperbaiki saluran pencernaan dan mencegah susah buang air besar, sembelit dan mampu membuang racun yang terdapat pada makanan
Buah srikaya juga mengandung zat tannin yang sangat berkhasiat dalam menghentikan diare.

3. Baik Untuk Penderita Diabetes
Selain untuk memperlancar pencernaan, serat yang terdapat dalam srikaya dapat memperlambat laju penyerapan gula darah dalam tubuh manusia sehingga dapat mencegah kita dari penyakit diabetes.

4. Mencegah Asma
Dengan kandungan vitamin C yang dimiliki buah srikaya tentu ini dapat membuat srikaya menjadi pencegah beberapa penyakit, seperti penyakit asma. Hal ini dikarenakan vitamin C merupakan salah satu jenis antioksidan.

6. Menurunkan Hipertensi
Kandungan potassium yang ada pada srikaya akan berperan menurunkan tekanan darah pada tubuh manusia. Konsumsi dengan rutin buah srikaya ini sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Mencegah Penyakit Jantung dan Stroke
Buah srikaya memiliki kandungan vitamin B sehingga dapat mencegah perkembangan dari homocystein yang mana homocystein dengan jumlah besar dapat menyebabkan stroke dan jantung koroner.

8. Menjaga Kesehatan tulang dan gigi
Buah srikaya juga mengandung magnesium. Sehingga magnesium yang kita dapat dari srikaya mampu membantu dalam menjaga kepadatan tulang.

9. Mengobati bisul dan borok
Buah srikaya mengandung antiseptic yang dapat membunuh bakteri dan mematangkan bisul, sehingga borok dan bisul akan cepat kering dan sembuh. Caranya yaitu, ambil buah srikaya seukupnya lalu haluskan dan tambahkan sedikit garam. Setelah itu, tempelkan pada luka borok atau bisul. Kemudian balut dengan kasa dan ganti 2 kali sehari.

10. Membunuh Kutu Rambut
Buah srikaya juga dapat berkhasiat untuk membunuh kutu pada kulit kepala, caranya yaitu : siapkan biji 10 butir buah srikaya dan daun srikaya sebanyak satu genggam, setelah itu tumbuk hingga halus. Kemudian tepelkan pada kepala secara merata, lalu bungkus dengan handuk dan diamkan selama 1 jam. Lalu cuci hingga bersih, hindari terkena mata karena dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada mata.

11. Mengobati Cacingan
Manfaat buah srikaya juga dapat mengobati cacingan pada anak, caranya yaitu : Siapkan satu buah srikaya, lalu rebus dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas saja. Setelah itu, tambahkan sedikit gula merah agar rasanya agak manis dan diamkan sampai hangat. kemudian saring dan minum dua kali sehari setengah gelas.

12. Mencegah Kanker
Buah srikaya juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, sehingga dapat berkhasiat dalam membunuh sel kanker di dalam tubuh kita. Caranya yaitu, haluskan satu buah srikaya dan rebus dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa satu gelas saja. Setelah itu, saring dan diamkan sampai hangat lalu minum secara rutin setiap hari dua kali sehari sebanyak satu gelas.

Srikaya juga sering dijadikan sebagai anti hama atau racun bagi hama karena di dalam srikaya terdapat racun yang bernama annonain dan resin. Annonain paling banyak dijumpai pada biji srikaya. Oleh karena itu, proses pembuatan obat herbal dengan berbahankan buah atau bagian lain dari srikaya yang dilakukan selayaknya harus berada pada prosedur yang tepat dan dilakukan oleh orang-orang yang ahli di bidangnya. Karena tidak menutup kemungkinan racun tersebut justru akan membahayakan tubuh manusia. Bahkan ramuan buah srikaya hingga saat ini dilarang keras untuk ibu yang sedang mengandung (hamil).

Catatan :
  • Tidak dianjurkan bagi ibu hamil meminum rebusan buah srikaya, karena dapat mengakibatkan gangguan dan kontraksi yang hebat pada kandungan.
  • Meminum rebusan buah srikaya jangan terlalu banyak, karena dapat mengakibatkan efek yang berbahaya bagi kerja jantung.
  • Ibu yang sedang mengandung (hamil) sangat dilarang untuk meminum atau menggunakan air rebusan yang berbahankan srikaya sebagi obat herbal, baik itu dari biji, daun, kulit pohon, akar, hingga buahnya sekali pun.
  • Jika membuat obat herbal terutama untuk obat yang diminum berupa air rebusan maka hati-hati dalam mengolah biji, kulit kayu dan akar pohon srikaya, karena di dalamnya mengandung racun.


Sumber : 
^Wikipedia.org^
^Blog Riyawan^

2 komentar:
Write komentar
  1. D rumah saya ada tuh pohonnya :D
    Abis baca artikel ini jadi pengen bikin eksperimen sendiri :D hehehhe

    Nice artikel

    BalasHapus