Tapak Liman

Tapak liman adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Asteraceae. Hal ini ditemukan di Tropical Afrika, Asia Timur, benua India, Asia Tenggara, dan Australia. Habitat alamnya adalah hutan pegunungan lembab subtropis atau tropis.

Tapak Liman merupakan tanaman terna. Tapak liman biasanya tumbuh liar di lapangan rumput, pematang, kadang-kadang ditemukan dalam jumlah banyak, terdapat di dataran rendah sampai dengan 1.200 m di atas permukaan laut. Ketinggian tapak liman antara 10 sampai 80 cm. Batangnya kaku dan bercabang. Akarnya tunggang, daunnya tunggal, berbentuk bulat telur. Tapak liman mempunyai bunga yang mahkotanya berwarna putih sampai ungu kemerahan. Sementara itu, buahnya berambut.

Tapak liman
Kandunagn Tapak liman
Tapak liman dikenal sebagai obat tradisional, tapak liman mengandung elephantopin yang merupakan lakton germacranolide sesquiterpene yang berisi dua cincin lakton dan kelompok fungsional epoksida, dan telah terbukti memiliki kasiat antitumor. Daun Tapak liman mengandung zat semacam glukosida. Ekstrak daun berkhasiat sebagai antibiotik terhadap Staphylococcus, dan pada daunnya juga telah ditemukan suatu zat pahit dan glikosid berupa kristal putih. Menurut farmakologi China, tapak liman yang mempunyai rasa pahit, pedas, dan menyejukkan ini berkhasiat sebagai penurun panas antibiotika, anti radang, peluruh air seni, menghilangkan pembengkakan serta menetralkan racun. Daun tapak liman mengandung epifrielinol, lupeol, stiqmasterol, triacontan-l-ol, dotriacontan-l-ol, lupeol acetat, deoxyelephantopin, dan isodeozyelephantopin, sedangkan di bagian bunganya terdapat kandungan luteolin-7-glucoside.  Senyawa deoxyelephantopin inilah yang merupakan senyawa antitumor, penghilang radang akibat bakteri, antibiotik terhadap bakteri Staphylococcus, penyebab keputihan.

Nama Lain Tapak Liman
  • Tutup bumi (Sumatera)
  • Balagaduk, jukut cancang, tapak liman (Sunda)
  • Tampak liman, tapak tangan, talpak tana (Madura)
  • Ku di dan (China)
Manfaat Tapak Liman
Mengobati Radang
Untuk mengobati radang, caranya dengan merebus tanaman tapak liman yang sebelumnya dikeringkan, kemudian direbus menggunakan air. Air hasil rebusan tersebut disaring lalu diminum.

Untuk menyembuhkan anemia, bisa menggunakan daun tapak liman yang dicuci sampai bersih. Setelah itu ditumbuk sambil ditambahkan air matang. Kocoklah juga sebutir kuning telur yang dicampur sesendok madu dan dicampur. Setelah itu bisa diminum sehari sekali sampai seminggu.

Mengatasi Hepatitis
Caranya dengan merebus tumbuhan ini dan meminum air hasil dari rebusan tadi. Hal itu akan membantu menyembuhkan penyakit hepatitis.

Cacar air
Caranya seperti diatas hanya saja saat merebus dicampur dengan kencur atau temulawak, kunyit, asam kawak, dan gula merah.Hal ini akan membantu menyembuhkan penyakit cacar air.

Mengobati nyeri haid
Potonglah tumbuhan tapak liman setelah itu dicuci sampai bersih. Potong juga temulawak, ditambah sesendok teh asam, kunyittemulawak dan gula merah secukupnya. Rebus semua bahan tadi menggunakan 4 gelas air sampai tinggal tersisa 2 gelas. Minumlah ramuan tersebut setengah gelas 3 kali sehari.

Mengurangi keputihan
Cucilah dan potong satu tanaman tapak liman yang segar, tambahkan ¼ geggam meniran, ¼ genggam sambilotokunyit, temu kunci. dan daun sirih 3 lembar. Rebuslah menggunakan 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minumlah setengah gelas 3 hari sekali.

Manfaat Lainnya
Mengobati amandel
Perut kembung
Beri-beri
Gigitan ular
Mempercepat proses kehamilan

ELEPHANTOPI RADIX (MMI) / Tapak Liman
Nama  lain     
:
Akar tapak liman
Nama  tanaman asal
:
Elephantopus scaber
Keluarga
:
Asteraceae
Zat berkhasiat utama/isi
:
Flavonoid glucosidal
Penggunaan
:
Anti demam
Pemerian
:
Tidak berbau, rasa pait dan pedas
Bagian yang digunakan
:
Akar
Keterangan
- Waktu panen
:
-
- Penyimpanan
:
Dalam Wadah Tertutup baik

Sumber :
^Blog Riyawan^
^Kesehatanpedia.com^
^wikipedia.org^

2 komentar:
Write komentar