Valerian



Akar Valerian (Latin: Valeriana officinalis) adalah akar cabang berikut pangkal batang dan bagian batang di bawah tanah dari tumbuhan keluarga Valerianaceae yang dapat dimanfaatkan sebagai obat dengan khasiat sedatif.
Akar Valerian adalah tanaman asli dari Inggris. Dalam literatur orang Barat, Akar Valerian berkhasiat sebagai penenang, obat anti-muntah, dan memperkuat sistem atau organ-organ pencernakan.

Ciri - Ciri Tanaman Valerian
ValerianTanaman Akar Valerian berukuran kecil, berbunga dari bulan Juni sampai September, diwarnai dengan warna pink dan warna daging, dengan bau sedikit menyengat. Akar Valerian berbau asam valerat dan kamper, memiliki rasa manis diikuti rasa pahit seperti rempah; mengandung alkoloid dan yang tak berbau dan mudah menguap (metil 2-pirolil keton), juga minyak atsiri yang mengandung 1% ester epoksivalerianat. Minyak atsiri memiliki kegunaan untuk menekan seluruh sistem saraf sentral, dan digunakan pula untuk mengobati baik histeria, hipokondriasis dan ketidaktengangan safat, maupun insomnia (penyakit sulit tidur), serta obat kekejangan dalam serangan epilepsi (ayan).

Manfaat
Valerian telah dikenal manfaatnya sebagai obat tidur sejak zaman Yunani dan Romawi kuno. Hippocrates menjelaskan sifat-sifat tanaman ini, dan Galen kemudian meresepkannya sebagai obat tidur.

Saat ini, valerian masih digunakan untuk mengobati sulit tidur, dan disebut sebagai alternatif dari obat-obatan benzodiazepin. Valerian juga digunakan secara tradisional untuk mengobati nyeri pada gastrointestinal dan irritable bowel syndrome. Namun keamanan valerian bila digunakan dalam jangka waktu lama belum dibuktikan. Senyawa valepotriate, yang terkandung dalam ektrak valerian adalah senyawa yang bersifat mutagen, sehingga penggunaan dalam jangka waktu lama harus diawasi dengan ketat.

Selain senyawa valepotriate, ekstrak valerian juga mengandung senyawa-senyawa berikut ini: berbagai jenis alkaloida (aktinidin, katinin, valerianin, dan valerin), senyawa isovaleramida, senyawa GABA (gamma-aminobutyric acid) yakni senyawa neurotransmitter yang berhubungan dengan efek sedasi valerian, asam valerat, minyak atsiri, dan senyawa flavanon (hesperidin, 6-metilapigenin, dan linarin).

Dosis ekstrak valerian bervariasi antara 2-10 mg per hari, hal ini disebabkan oleh kesulitan penentuan dosis karena kurangnya standardisasi dan variabilitas jenis sediaannya.
Efek samping yang terjadi bila mengkonsumsi valerian dalam dosis tinggi (500 mg) adalah sakit perut, perasaan bodoh secara mental, lesu, dan depresi sedang. Jangan mengoperasikan kendaraan/mesin bila sedang mengkonsumsi valerian, karena efek mengantuknya dapat membahayakan.

Efek akar Valerian pada sistem saraf sedang dipelajari untuk kemungkinan penggunaan dalam mengobati kondisi saraf berat seperti epilepsi, neuralgia dan multiple sclerosis. Dengan kondisi seperti Perhatian-Defisit Hyperactivity Disorder (ADHD), telah digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi gejala. Akar Valerian membantu jantung untuk secara teratur dalam sirkulasi dan fungsinya. Irama detak jantung dan kecepatan adalah dibuat normal dan mereka yang menderita takikardia dapat mencari bantuan dari pola jantung yang tidak teratur dengan menggunakan ramuan ini. Nyeri efektif mengurangi atau lega dengan dosis akar Valerian. Efek mati rasa pada otak dapat menyingkirkan sakit kepala dan migrain. Ini melemaskan otot-otot, sehingga nyeri otot, arthritis dan nyeri yang lega bergabung ke mana. Hal ini bahkan efektif terhadap kram menstruasi dan nyeri pada wanita. Selain IBS, masalah lambung seperti kolik usus, perut kembung, kembung dan gangguan terkait stres pencernaan berkurang dan gejala mereka dikurangi dengan ekstrak akar Valerian. 

Manfaat lain Valerian:
Mengatasi stres
Valerian mengurangi mental overactivity dan nervous excitability. Keuntungannya, valerian memiliki efek menenangkan yang lebih baik daripada bahan sedatif murni.
Efektif untuk relaksasi
Valerian dapat merelaksasi otot-otot dan berguna untuk mengurangi tegangan di bahu ataupun di leher, asthma, kolik, dan nyeri saat haid.
Tekanan darah tinggi
Valerian dapat digunakan untuk mengurangi tekanan darah tinggi. 3)

Valerian root dijual dalam berbagai bentuk, sebagai ekstrak, bubuk cair, sebagai ekstrak kering untuk memproduksi teh dan pil sebagai suplemen. Tergantung pada penyakit dan kondisi kesehatan individu, dosis dapat bervariasi.

Peringatan
  • Ibu menyusui dan wanita hamil tidak harus mengambil akar Valerian dalam teh atau bentuk suplemen.
  • Mereka yang menderita penyakit hati seharusnya tidak mengambil ramuan ini.
  • Valerian root tidak boleh dikonsumsi bersama-sama atau bersama obat anti-kecemasan.
  • Valerian root tidak boleh dikonsumsi bersama dengan obat penenang atau anestesi.
  • Valerian akar tidak boleh dicampur dengan alkohol atau obat-obatan.
  • Bayi dan anak-anak muda tidak harus diberikan ramuan ini. 
VALERIANA RADIX / Akar Valerian
Nama  lain     
:
Akar valerian
Nama  tanaman asal
:
Valeriana officinalis
Keluarga
:
Valerianaceae
Zat berkhasiat utama/isi
:
Minyak atsiri yang mengandung ester borneo (ester dengan format). Alkaloida - alkaloida katinina dan valerianin, zat penyamak
Persyaratan Kadar
:
Kadar minyak atsiri tidak kurang  dari 0,8 %
Penggunaan
:
Sedativa
Pemerian
:
Bau khas, rasa pedas, agak pahit.
Bagian yang digunakan
:
Akar cabang berikut pangkal batang dan batang  dibawah tanah
Keterangan
Sediaan
:
Valerianae tinctura (FI) untuk :  Beladon Digitalis Valerianae Tinctura, Brometori Valerianae Potio
- Waktu panen
:
Dikumpulkan pada waktu daun meluruh
- Penyimpanan
:
Dalam wadah tertutup baik
Artikel Yang Terkait Radik Untuk Tanaman Herbal

Sumber
^Apoteker.info ^
^Blog Riyawan^
^Kesehatan ILMCI^
^Rumah Herbal^
^Wikipedia^

6 komentar:
Write komentar
  1. Can i have your colleague that supply this?

    BalasHapus
  2. Tersedia obat penenang GAN seperti:
    1-RIKLONA
    2-DUMOLID
    3-HEXIMER
    4-TRIHEX YARINDO
    5-TRAMADOL TABLET DAN BOTOLAN.
    6-ALPRAZOLAM MERCY DAN KF

    Dan masih banyak yang lainnya GAN..
    Silahkan invite pin BB kami 28D4006F.
    Dijamin ok gan dan tidak tipu-tipu.

    BalasHapus
  3. Tersedia obat penenang GAN seperti:
    1-RIKLONA
    2-DUMOLID
    3-HEXIMER
    4-TRIHEX YARINDO
    5-TRAMADOL TABLET DAN BOTOLAN.
    6-ALPRAZOLAM MERCY DAN KF

    Dan masih banyak yang lainnya GAN..
    Silahkan invite pin BB kami 28D4006F.
    Dijamin ok gan dan tidak tipu-tipu.

    BalasHapus