Blog

Blogging

Istilah "weblog" diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).
Blog adalah diskusi atau situs informasi yang dipublikasikan di World Wide Web terdiri dari entri diskrit "posting" biasanya ditampilkan dalam urutan kronologis terbalik (posting terbaru muncul pertama kali). Blog juga dapat digunakan sebagai kata kerja, yang berarti untuk memelihara atau menambahkan konten ke blog.
Munculnya dan pertumbuhan blog di akhir 1990-an bersamaan dengan munculnya alat penerbitan web yang memfasilitasi posting konten oleh pengguna non-teknis. Sebelumnya, pengetahuan tentang teknologi seperti HTML dan FTP telah diminta untuk mempublikasikan konten di Web.
Mayoritas Blog adalah interaktif, memungkinkan pengunjung untuk meninggalkan komentar dan bahkan pesan satu sama lain melalui widget GUI di blog, dan itu adalah interaktivitas ini yang membedakan mereka dari website statis lainnya. Dalam arti bahwa, blogging dapat dilihat sebagai bentuk layanan jejaring sosial. Memang, blogger tidak hanya menghasilkan konten untuk posting di blog mereka, tetapi juga membangun hubungan sosial dengan pembaca dan blogger lainnya.
Kemauan pembaca untuk meninggalkan komentar dalam format interaktif merupakan kontribusi penting untuk popularitas sebuah blog. Kebanyakan blog terutama tekstual, meskipun beberapa fokus pada seni (blog seni), foto (Photoblogs), video (video blog atau "vlogs"), musik (MP3 blog), dan audio (podcast). Microblogging adalah jenis lain dari blogging, menampilkan posting sangat pendek. Dalam pendidikan, blog dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran. blog ini disebut sebagai Edublogs.
Pada 16 Februari 2011, ada lebih dari 156 juta blog publik yang ada. Pada 20 Februari 2014, ada sekitar 172 juta Tumblr  dan 75.800.000 WordPress  blog yang ada di seluruh dunia. Menurut kritikus dan blogger lain, Blogger adalah layanan blogging yang paling populer digunakan saat ini. Namun, Blogger tidak menawarkan statistik publik.

Jenis Blog
Ada berbagai jenis blog, antara lain :
Blog Pribadi
Blog pribadi adalah buku harian yang sedang berlangsung atau komentar yang ditulis oleh seorang individu.

Blog kolaborasi grup
Sebuah jenis weblog di mana posting yang ditulis dan diterbitkan oleh lebih dari satu penulis. Mayoritas profil tinggi blog kolaboratif didasarkan sekitar penyatuan satu tema, seperti politik atau teknologi. Dalam beberapa tahun terakhir, blogosphere telah melihat munculnya dan popularitas dari upaya lebih kolaboratif, sering dibentuk oleh blogger yang sudah mapan yang ingin ke kolam renang waktu dan sumber daya, baik untuk mengurangi tekanan mempertahankan situs populer dan untuk menarik pembaca lebih besar.

Microblogging
Microblogging adalah praktik posting potongan-potongan kecil konten-yang digital bisa berupa teks, gambar, link, video pendek, atau media-on lain Internet. Microblogging menawarkan mode komunikasi portabel yang terasa organik dan spontan banyak dan telah menangkap imajinasi publik. Teman-teman menggunakannya untuk tetap berhubungan, rekan bisnis menggunakannya untuk mengkoordinasikan pertemuan atau berbagi sumber daya yang berguna, dan selebriti dan politisi (atau humas mereka) microblog tentang tanggal konser, ceramah, rilis buku, atau jadwal tur. Berbagai dan berkembang dari add-on tools memungkinkan update canggih dan interaksi dengan aplikasi lain. profesi yang dihasilkan dari fungsi membantu untuk menentukan kemungkinan-kemungkinan baru untuk jenis komunikasi. Contoh ini termasuk Twitter, Facebook, Tumblr dan, sejauh ini yang terbesar, Weibo.

Blog perusahaan dan organisasi
Sebuah blog bisa menjadi swasta, seperti dalam kebanyakan kasus, atau bisa untuk tujuan bisnis. Blog digunakan secara internal untuk meningkatkan komunikasi dan budaya dalam perusahaan atau eksternal untuk pemasaran, branding atau humas tujuan disebut blog perusahaan. blog serupa untuk klub dan masyarakat disebut klub blog, blog kelompok, atau dengan nama yang mirip; penggunaan yang khas adalah untuk menginformasikan anggota dan pihak lain yang berkepentingan kegiatan klub dan anggota.

Blog agregat
Individu atau organisasi dapat agregate dipilih feed pada topik tertentu atau produk dan memberikan gabungan tampilan untuk pembacanya. Ini memungkinkan pembaca untuk berkonsentrasi pada membaca bukan mencari kualitas konten pada topik dan mengelola langganan. Banyak agregasi seperti disebut planet dari nama Planet (software) yang melakukan agregasi seperti, hosting situs biasanya memiliki planet. subdomain nama domain (seperti http://planet.gnome.org/).

Berdasarkan genre
Beberapa blog fokus pada topik tertentu, seperti blog politik, blog jurnalisme, blog kesehatan, wisata blog (juga dikenal sebagai travelogs), berkebun blog, blog rumah, blog buku, blog fashion, blog kecantikan, gaya hidup blog, blog pernikahan, blog proyek, blog psikologi, blog sosiologi, blog pendidikan, blog niche, blog musik klasik, menanyai blog, blog hukum (sering disebut sebagai blawgs), atau dreamlogs. Cara / blog Tutorial menjadi semakin populer. Dua jenis umum dari blog genre yang adalah blog seni dan blog musik. Sebuah blog yang menampilkan diskusi terutama tentang rumah dan keluarga tidak jarang disebut blog ibu dan satu dibuat populer adalah dengan Erica Berlian yang menciptakan Womenonthefence.com yang sindikasi untuk lebih dari dua juta pembaca bulanan. Meskipun bukan tipe yang sah dari blog, yang digunakan untuk tujuan tunggal spamming dikenal sebagai Splog.

Dengan jenis media
Sebuah blog yang terdiri dari video yang disebut vlog, salah satu link yang terdiri disebut linklog sebuah, sebuah situs yang berisi portofolio sketsa disebut sketchblog atau satu foto yang terdiri disebut photoblog a. Blog dengan posting pendek dan jenis media campuran disebut tumblelogs. Blog yang ditulis di mesin ketik dan kemudian dipindai disebut blog typecast atau typecast.

Dengan perangkat
Sebuah blog juga dapat didefinisikan oleh jenis perangkat yang digunakan untuk menulis itu. Sebuah blog yang ditulis oleh perangkat mobile seperti ponsel atau PDA bisa disebut moblog. Salah satu blog awal adalah Wearable Wireless Webcam, buku harian bersama online seseorang pribadi kehidupan menggabungkan teks, video, dan gambar ditransmisikan hidup dari komputer dpt dipakai dan perangkat EyeTap ke situs web. Praktek ini semi-otomatis blogging dengan video langsung bersama-sama dengan teks disebut sebagai sousveillance. jurnal tersebut telah digunakan sebagai bukti dalam masalah hukum.

Blog terbalik
Sebuah blog terbalik disusun oleh para penggunanya daripada blogger tunggal. Sistem ini memiliki karakteristik blog, dan penulisan beberapa penulis. Ini dapat ditulis oleh beberapa penulis kontribusi pada topik, atau membuka bagi siapa saja untuk menulis. Ada biasanya beberapa batasan untuk jumlah entri untuk tetap beroperasi seperti forum web.

Blog yang sering dicari orang
  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)


Keuntungan
Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama melalui program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar, penjualan tautan, atau afiliasi). Sehingga kemudian muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog[ karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah, dari aktivitas ngeblog ini

Risiko Kejahatan
Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.


 Sumber : ' Blood, Rebecca'.'Wikipedia'

Tidak ada komentar:
Write komentar