Asam Amino Esensial

Fungsi Asam Amino
  • Penyusun protein, termasuk enzim.
  • Kerangka dasar sejumlah senyawa penting dalam metabolisme (terutama vitamin, hormon dan asam nukleat).
  • Pengikat ion logam penting yang diperlukan dalam dalam reaksi enzimatik (kofaktor).
Asam amino diperlukan oleh makhluk hidup sebagai penyusun protein atau sebagai kerangka molekul-molekul penting. Ia disebut esensial bagi suatu spesies organisme apabila spesies tersebut memerlukannya tetapi tidak mampu memproduksi sendiri atau selalu kekurangan asam amino yang bersangkutan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, spesies itu harus memasoknya dari luar (lewat makanan). Istilah "asam amino esensial" berlaku hanya bagi organisme heterotrof.

Bagi manusia, ada delapan (ada juga yang menyebut sembilan) asam amino esensial yang harus dipenuhi dari diet sehari-hari, yaitu isoleusina, leusina, lisina, metionina, fenilalanina, treonina, triptofan, dan valina. Histidina dan arginina disebut sebagai "setengah esensial" karena tubuh manusia dewasa sehat mampu memenuhi kebutuhannya. Asam amino karnitina juga bersifat "setengah esensial" dan sering diberikan untuk kepentingan pengobatan.

Asam amino sangat penting jika Anda ingin memiliki kulit, rambut, dan kuku yang sehat, makanan yang mengandung asam amino membantu mencegah rambut rontok sekaligus menghambat pertumbuhan tumor dan kanker. Asam amino juga membantu meningkatkan proses detoksifikasi amonia oleh hati sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, dan Asam amino memastikan keseimbangan nitrogen yang dibutuhkan untuk kelancaran sistem reproduksi, oleh karena itu Asam amino membantu menghindarkan kelelahan dan meningkatkan stamina.
Asam amino juga dapat membantu meningkatkan massa otot dan meningkatkan berat badan. Asam amino juga mempercepat penyembuhan dan membantu memperbaiki kulit dan jaringan ikat.
Asam amino memicu pelepasan insulin dan dengan demikian membantu keseimbangan tingkat gula darah. Makanan kaya asam amino membantu menjaga kesehatan jantung, membantu menghindari depresi, dan meningkatkan daya ingat. Asam amino berperan merangsang produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang serta kolagen.

Struktur asam amino
Struktur Asam Amino

Struktur asam amino secara umum adalah satu atom C yang mengikat empat gugus: gugus amina (NH2), gugus karboksil (COOH), atom hidrogen (H), dan satu gugus sisa (R, dari residue) atau disebut juga gugus atau rantai samping yang membedakan satu asam amino dengan asam amino lainnya.
Struktur Asam AminoAtom C pusat tersebut dinamai atom Cα ("C-alfa") sesuai dengan penamaan senyawa bergugus karboksil, yaitu atom C yang berikatan langsung dengan gugus karboksil. Oleh karena gugus amina juga terikat pada atom Cα ini, senyawa tersebut merupakan asam α-amino.

Asam amino biasanya diklasifikasikan berdasarkan sifat kimia rantai samping tersebut menjadi empat kelompok. Rantai samping dapat membuat asam amino bersifat asam lemah, basa lemah, hidrofilik jika polar, dan hidrofobik jika nonpolar.

Tubuh kita memerlukan asam amino untuk dapat bertahan hidup, salah satu jenis yang dibutuhkan tubuh adalah asam amino esensial. Namun, ternyata kita memerlukan pangan yang mengandung asam amino esensial untuk memenuhinya.

Asam amino sendiri sebenarnya adalah senyawa organik yang bergabung menjadi protein. Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan protein di dalam makanan tersebut akan mengalami proses penguraian. Hasil penguraian ini kemudian akan menghasilkan asam amino yang akan ditinggalkan di dalam tubuh, dan digunakan untuk beragam fungsi.

Beberapa Makanan yang Mengandung Asam Amino
Isoleusin
Jika Anda ingin mendapatkan isoleusin, cobalah untuk mengonsumsi putih telur. Selain tidak banyak mengandung lemak, putih telur ternyata juga mengandung banyak isoleusin. Tidak hanya putih telur, makanan lain seperti domba, kalkun, kepiting, ayam, tuna, ikan kod, dan kedelai juga merupakan sumber isoleusin yang tidak kalah bagusnya.

Lisin
Daging kalkun dan daging ayam bagian dada merupakan makanan yang mengandung lisin cukup tinggi. Setelah kalkun dan ayam, makanan seperti peterseli, selada air, dan rumput laut juga memiliki kandungan lisin yang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan lisin dari makanan seperti ikan kod serta ikan tuna.

Leusin
Tidak hanya mengandung lisin dan isoleusin, makanan seperti rumput laut, dan tuna ternyata juga mengandung leusin. Sedangkan makanan lainnya yang kaya akan leusin antara lain adalah kedelai, putih telur, dan ayam.

Valin
Makanan yang termasuk memiliki kandungan valin yang tinggi adalah telur. Selain telur, makanan lain yang menjadi sumber valin antara lain rumput laut, selada air, kalkun, dan bayam.
Treonin Makanan yang kaya akan treonin adalah bayam dan selada air mentah. Pilihan lainnya untuk makanan yang mengandung treonin antara lain ikan nila, putih telur, kalkun, dan kedelai.
Histidin Makanan yang kaya akan treonin adalah bayam dan selada air mentah. Pilihan lainnya untuk makanan yang mengandung treonin antara lain ikan nila, putih telur, kalkun, dan kedelai.
Fenilalanin Guna mendapatkan fenilalanin dengan jumlah yang cukup tinggi, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis daging. Seperti daging kalkun, domba, babi, sapi, atau daging sapi muda. Tepung wijen, tepung biji kapas, dan salmon juga termasuk ke dalam makanan yang mengandung fenilalanin.

Triptofan
Daging singa laut dan rusa sebenarnya adalah makanan yang mengandung triptofan yang tinggi. Namun, mungkin kedua daging ini tidak familiar dengan Anda dan sulit didapatkan. Guna mendapatkan triptofan Anda juga bisa mengonsumsi kedelai, bayam, rumput laut, kalkun, dan putih telur.

Metionin
Makanan yang mengandung metionin antara lain adalah ayam, kalkun, kepiting, lobster, dan tuna. Namun beberapa makanan tersebut masih kalah jika dibandingkan dengan putih telur. Putih telur memiliki kandungan metionin yang cukup tinggi. Putih telur juga memiliki kandungan asam amino esensial lainnya yang tentu baik untuk tubuh.

Sumber Artikel:
Wikipedia.org
Alodokter.com
Blog Riyawan | Kumpulan Artikel Kesehatan

1 komentar:
Write komentar
  1. Ejakulasi dini adalah salah tunggal penyakit seksual yg internasional berjalan bagi laki-laki. nyaris tunggal diantara 4 laki laki sanggup mengantongi ejakulasi dini. apabila ejakulasi dini cuma berlangsung sekali-kali, itu bukanlah suatu hal. Namun, bakal jadi kesulitan agung jikalau aspek terselip pun berlangsung berganda-ganda, sampai-sampai tiap-tiap kali kamu jalankan jalinan intim bersama pasangan.

    Ejakulasi Dini
    terhadap kebanyakan seputar laki-laki merasa sipu buat mendiskusikan keluhan ini, justru pada berobat. sebaliknya, ejakulasi dini yaitu hal yg mampu disembuhkan. bersama sekian banyak pengobatan, interviu dan metode kala bersambung intim, sanggup menopang kamu merombak mutu jalinan dgn pasangan.

    simptom Ejakulasi Dini

    komando dan simptom ejakulasi dini yaitu ejakulasi yg berlangsung sebelum kamu dan pasangan kamu harapkan, membuat kasus atau stress. Bagaimanapun, hal bisa berlangsung terhadap seluruhnya suasana seksual, kian ketika masturbasi.

    Dokter rata rata mengklasifikasikan ejakulasi dini dekat ejakulasi dini kardinal dan sekunder.

    simptom ejakulasi dini hakiki ditandai dengan:
    - Ejakulasi yg senantiasa atau nyaris senantiasa berlangsung pada tunggal menit atau invalid bagi waktu penetrasi.
    - Ketidakmampuan mengundurkan ejakulasi diwaktu atau waktu baru saja lakukan penetrasi.
    - Konsekuensi negatif, seperti stress, frustasi atau menghindari jalinan seksual.

    walaupun pertanda ejakulasi dini sekunder retakan lain:
    - Ditandai dgn ejakulasi yg lagi menerus atau pun dgn rangsangan yg minimal pada awal mulanya, atau sekejap sesudah penetrasi, dan sebelum kamu mengharapkannya.
    - menerbitkan stress dan penyakit dekat hubungan.
    - berlangsung sesudah pada awal mulanya kamu mengidap kepuasan dekat interaksi seksual tidak dengan soal ejakulasi.

    article from: Rumah sakit kelamin Jakarta Pusat
    Peringatan : Sekali lagi apabila anda merasa artikel ana belum terang atau ada hal lain, sehingga kamu dapat klik Chat Online, di mana profesional saya dapat menjawab keluhan kamu, atau hubungi nomer (021)-62303060. Klinik Apollo Jakarta mengharapkan mudah-mudahan kamu selalu sembuh.

    Kulup panjang dan cara penanganannya | Sunat sirkumsisi dengan metode laser

    Bahaya ejakulasi dini jika tak diobati | Sunat di Klinik Jakarta

    Konsultasi Dokter | Free Consultasion

    BalasHapus