CONTOH PROPOSAL PENERBITAN MAJALAH SEKOLAH



PROPOSAL PENERBITAN MAJALAH SEKOLAH
SMK MUHAMMADIYAH 5 BABAT
TAHUN AJARAN 2014/2015

I.         LATAR BELAKANG
Rendahnya minat baca merupakan suatu ancaman yang dapat mengganggu peningkatan kualitas sumber daya manusia di segala bidang. Rendahnya minat baca juga dapat menurunkan manfaat utama daripada media. Padahal, media mutlak diperlukan sebagai kemampuan dasar berpikir kritis untuk hidup di abad informasi.
Manfaat utama media tidak lain adalah sebagai informan tidak hidup yang dapat memberikan informasi guna menambah wawasan. Setiap hari kita diterpa ribuan informasi. Kita dituntut untuk selektif, kritis dan cerdas dalam memilih maupun menggunakan informasi mana yang akan kita respon. Sayangnya, kenyataan yang ada disekitar kita adalah semakin menurunnya daya pikir kritis masyarakat, terutama pelajar. Ketertarikan mereka terhadap media kebanyakan bukan didasari rasa ingin tahu terhadap informasi atau ingin menambah wawasan. Tetapi karena untuk hiburan belaka. Kenyataan yang lain adalah, masyarakat kita masih lebih menggemari membuka media maya seperti internet dan menonton televisi ketimbang membaca.
Sebagai muslim, kita patutnya tahu, membaca adalah kegiatan guna menjadi muslim atau muslimah intelek yang beriman dan cerdas. Selain secara langsung diperintahkan oleh Allah S.W.T dalam fiman-Nya Q.S Al-Alaq ; 1 ‘Iqra’ bismi rabbika alladzii khalaq ‘ yang berarti ‘Bacalah, dengan nama tuhanmu yang telah menciptakan’. Allah S.W.T telah jelas menyuruh kita untuk membaca dan mengkaji segala sesuatunya diniatkan untuk ilmu dan beribadah. Karena membaca sangat erat hubungannya dengan informasi dan ilmu, orang yang gemar membaca cenderung dapat menjadi lebih unggul dari individu lainnya. Jika diterapkan serempak pada lembaga pendidikan islam, sangat memungkinkan akan keluar generasi cendekiawan muslim yang kian cerdas dan kompetitif. Bibit-bibit unggul tersebut tidak menutup probabilitas meningkatnya kualitas muslim secara global.
Ironisnya, pesatnya pertumbuhan media di Indonesia tidak dibarengi dengan meningkatnya kepandaian membaca dan menulis, tingkat ‘literacy’ media pada masyarakat. Masyarakat cenderung konsumtif terhadap media. Budaya membaca harus dimiliki oleh seluruh lapisan masyarakat, tidak hanya membaca tetapi juga dengan berkarya dan memproduksi. Tidak hanya untuk para orang tua, guru sekolah, dosen, tokoh agama atau para pembuat kebijakan, budaya membaca media, sikap kritis dalam mengkonsumsi media justru harus dimiliki oleh golongan yang secara langsung menjadi penikmat dan sasaran utama media yaitu para pelajar dan remaja.
Apa yang telah dituturkan diatas menunjukkan kepada kita beberapa celah yang dapat kita masuki dan ‘tambal’ dengan melakukan hal tertentu. Sebagai lembaga pendidikan yang berbasis imtak dan imtek, kita butuh membentuk media sebagai wadah guna menciptakan suasana yang menggambarkan minat baca tinggi, terlebih di kalangan remaja. Begitu banyaknya ragam media di sekitar kita dengan berbagai macam rupa dan bentuknya. Akan tetapi, semua media tersebut hanya dapat memberikan manfaat bagi kita yang memanfaatkannya. Sedangkan, kecil kemungkinan untuk mempublikasikan karya para siswa. Oleh karena itu, pembentukan majalah sekolah sebagai media yang bersedia menerima karya-karya siswa, sangat perlu dibentuk.

II.      Jenis Media
Jenis media yang dipilih adalah majalah. Pemilihan format majalah karena kelebihan yang dimiliki majalah, baik secara fisik maupun materi berita dibanding format media lainnya adalah lebih cocok untuk pelajar.
Format majalah memiliki karakteristik :
-       Lebih menarik, dengan adanya ilustrasi, gambar dan foto.
-       Mudah dibawa sehingga bisa dibaca di mana saja.
-       Bersifat personal, atau dibaca perorangan

III.   NAMA MEDIA
Nama majalah yang akan diterbitkan Islamik sebagai nama majalah beserta slogannya. Perihal itulah yang ingin kami tanamkan pada media yang akan diterbitkan ini.


IV.   TUJUAN
Media cetak ini dibentuk dengan beberapa tujuan antara lain :
-       Meningkatkan kepandaian dan minat baca para pelajar MUHLIBAT
-       Mengembangkan aktivitas di kalangan peserta didik MUHLIBAT
-       Memberikan informasi, panduan serta tips-tips yang dapat digunakan sebagai penunjang belajar siswa.
-       Menyediakan ruang ekspresi dan apresiasi bagi siswa di bidang tulis-menulis, fotografi, jurnalistik dan minat lainnya.
-       Melatih keterampilan komunikasi tulis menulis untuk menyampaikan karya sastra, opini, kritik atau ide di media yang dibaca khalayak umum.
-       Menciptakan budaya kritis dan aktif menulis.
-       Mewadahi opini siswa.
-       Meningkatkan kemampuan para pelajar MUHLIBAT untuk dapat menghargai karya teman-temannya.

V.      PEMBAGIAN REDAKSI
Berikut rincian singkat struktur redaksi yang akan dibentuk :
1.      Penanggung Jawab
Bertanggung jawab atas keseluruhan jalannya organisasi penerbitan, menentukan kebijaksanaan organisasi secara eksternal. Posisi ini dipegang oleh Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 5 Babat
2.      Pembimbing
Bertanggung jawab atas keseluruhan jalannya organisasi penerbitan, menentukan kebijaksanaan internal organisasi. Juga bertanggung jawab sebagai korektor materi majalah sebelum dicetak. Posisi ini dipegang oleh Guru Pembimbing.
3.      Pemimpin Redaksi
Bertanggung jawab atas kebijakan dan strategi redaksional. Secara keseluruhan bertanggung jawab terhadap operasi majalah baik jalannya produksi maupun isi majalah. Bertugas merencanakan, mengkoordinasikan dan bertanggung jawab terhadap isi materi majalah yang dibuat oleh staf redaksi.
4.      Wartawan
Bertugas untuk mencari dan meliput berita maupun materi majalah dengan observasi lapangan berupa wawancara narasumber. Wartawan juga bertugas mengumpulkan bahan materi dari tulisan dan karya siswa.
5.      Content Writer
Bertanggung jawab dalam pengetikan dan mengedit setiap himpunan isi materi majalah.
6.      Graphic Designer
Bertugas mengerjakan, mendekorasi dan mendesain sampul majalah, ilustrasi, setting dan sentuhan akhir berdasarkan tema setiap majalah yang akan terbit. Selain hal tersebut, Graphic Designer juga bekerja rangkap sebagai penanggung jawab percetakan majalah.
7.      Photographer
Bertanggung jawab dalam pengambilan gambar pada setiap peristiwa dan event-event penting yang terjadi di lingkungan sekitar kampus atau di luar SMK Muhammadiyah 5 Babat.
Karena keterbatasan sumber daya manusia, tidak menutup kemungkinan untuk orang yang berada di salah satu bagian menjalankan tugas diluar bagiannya sekaligus.

VI.   RUBRIKASI             
Rubrikasi untuk media ini ditentukan dengan mempertimbangkan fungsi dan kebutuhan atas informasi apa yang diinginkan pembaca. Redaksi berusaha mengumpulkan sebanyak mungkin materi media, lalu menyeleksi karya terbaik untuk dimuat majalah. Berdasarkan fungsinya, rubrik-rubrik dalam ‘Islamik’ berusaha untuk menjadi informatif, edukatif dan menghibur.
Berikut ini adalah deskripsi singkat tentang rubrikasi majalah Islamik :
-       Dari Redaksi
Merupakan pengantar dari redaksi, tercantum nama-nama dari seluruh tim redaksi ‘Islamik’. Melalui rubrik ini, redaksi menyapa pembaca, menjelaskan garis besar tema di tiap edisi, dan juga menggambarkan opini redaksi pada pembaca.
-       Content Menu
Rubrik ini akan menunjukkan halaman ditempatkannya materi. Rubrik ini akan memudahkan pembaca mencari artikel, ulasan, atau informasi yang diinginkan secara langsung tanpa harus membaca dari awal.
-       Magz Box
Rubrik yang memuat tulisan dari pembaca yang berisikan komentar, pertanyaan, kritik dan saran mengenai hal-hal yang berkaitan dengan majalah.
-       Magz Book
Berisi ulasan topik-topik tertentu yang berkaitan dengan pelajaran dan lain-lain. Diharapkan melalui rubrik ini, para siswa akan mendapatkan pengetahuan tentang isu-isu aktual di dunia sekolah yang mereka geluti.
-       Interview
Berisi main news, merupakan uraian/berita utama tentang hasil liputan mendalam atas topik tertentu. Rubrik ini merupakan inti pesan yang ingin disampaikan majalah kepada pembaca.
-       Magz Write
Rubrik ini menampilkan berbagai karya tulis siswa maupun guru. Karya tulis dapat berupa artikel, cerpen, cerita bersambung, puisi dan karya sastra lainnya.
-       Islamiclopedia
Rubrik Islamiclopedia tidak lain adalah ensiklopedia islam yang menampilkan pengetahuan seputar agama islam. Berisi tentang uraian tokoh muslim, fiqih, aqidah, isi kandungan ayat-ayat Al-qur’an dan Hadist beserta kajiannya, yang disesuaikan untuk pembaca utamanya, remaja.
-       Organizations in Focus
Merupakan uraian kegiatan kesiswaan. Berisi review tentang praktek kegiatan organisasi siswa dan ragam ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Menampilkan prestasi-prestasi yang telah diraih, sparing olahraga, olimpiade, lomba, dan berbagai kegiatan siswa baik internal maupun eksternal.
-       What’s Your Opinion ?
Rubrik ini berisi suara publik, pendapat serta opini siswa dan guru SMK Muhammadiyah 5 Babat tentang berbagai perihal topik yang diangkat redaksi. ‘What’s Your Opinion ?’ juga berupa angket yang menyalurkan beragam pemikiran siswa.
-       Idioms
Rubrik yang memuat berbagai kata mutiara, pepatah, contoh kalimat dalam percakapan, anekdot, istilah-istilah dan kata kiasan dalam 3 bahasa, Indonesia, Arab dan Inggris.
-       Intermezzo
Menampilkan aneka kreasi siswa yang berbau seni. Dapat berupa lukisan, komik, monogram, manga dan karikatur, juga berisi chord lagu-lagu populer. Berisi karya para komikus dan seniman SMK Muhammadiyah 5 Babat.

VII.          KARAKTERISTIK MEDIA
-            Ukuran Majalah               : 210 X 280 mm
-            Posisi                                : Tegak/Portait
-            Tebal Halaman                 : 20 halaman
-            Jenis Kertas Cover           : A4 HVS bagi 2
-            Jenis Kertas Isi                 : A4 HVS bagi 2
-            Warna                               : 40 % full color 60 % BW
-            Jilid                                  : tempel

VIII.       PERIODE PENERBITAN
Waktu Terbit   : Dua kali dalam satu periode (satu kali tiap satu semester)                                                     
Edisi I              : 27 Mei 2015 
Edisi II             : 5 September 2015
Oplah               : ... eksemplar
Harga               : Rp. ... ...,-

IX.             STRATEGI PEMASARAN
Agar majalah ‘Islamik’ bisa dikenal secara luas oleh siswa, perlu dirancang suatu strategi yang meliputi promosi dan pemasaran. Beberapa strategi pemasaran untuk mempromosikan ‘Islamik’ yang akan dilakukan antara lain :
1.      Personal Selling, menawarkan secara langsung majalah ‘Islamik’ kepada siswa, guru dan karyawan sekolah agar mau membeli dan berlangganan majalah.
2.      Pengenalan media dalam setiap perkumpulan organisasi sekolah.
3.      Mewajibkan kepada perwakilan pengurus IPM, organisasi lain dan perwakilan setiap kelas untuk membeli majalah ‘Islamik’.


X.                SUSUNAN STAF REDAKSI
(Terlampir)

XI.             PEMBAGIAN HALAMAN
(Terlampir)

XII.          RINCIAN PENDANAAN
(Terlampir)

PENUTUP
Demikian proposal penerbitan majalah ‘Islamik’ ini kami susun. Kami yakin tanpa dukungan dari semua pihak, rencana mulia ini akan sulit terwujud. Besar harapan kami majalah ini dapat terealisasikan sehingga bermanfaat bagi masa depan generasi bangsa.

Babat, ... Oktober 2015
Pembimbing Buletin                                                                           Pembina Buletin



Drs. Sujarwo                                                                                       Edy Yuli Riyawan, S.Pd
KTAM:                                                                                               KTAM: -
           
                                                              Penanggung Jawab
                                                              Kepala Sekolah



                                                              Imam Bagus Setiawan, ST, S.Pd
                                                              KTAM: -





Lampiran 1
Susunan Staf Redaksi Majalah
Penanggung Jawab                             : Imam Bagus Setiawan, ST, S.Pd
Pembina                                              : Drs. Sujarwo
Pembimbing                                        : Edy Yuli Riyawan, S.Pd
Staf Redaksi                                       :
NO
NAMA
KELAS
JABATAN
1.


Pemimpin Redaksi
2.


Bendahara
3.


Sekertaris
4.


Ketua Wartawan
5


Wartawan
6.


Wartawan
7..


Ketua Content Writer
8.


Content Writer
9.


Content Writer
10.


Content Writer
12.


Content Writer
13.


Ketua Graphic Designer
14.


Graphic Designer
15.


Graphic Designer
16.


Ketua Photographer
17.


Photographer

Lampiran 2
Berikut adalah pembagian jumlah halaman untuk masing-masing rubrik :
NO.
NAMA RUBRIK
JUMLAH HALAMAN
1.
Dari Redaksi
1
2.
Magz Menu
1
3.
Magz Box
1
4.
Magz Book
1
5.
Interview
4
6.
Magz Write
2
7.
Islamiclopedia
2
8.
Organizations in Focus
1
9.
What’s Your Opinion ?
1
10.
Idioms
1
11.
Intermezzo
2
12.
Jumlah
17

Jadi, pembagian halaman bisa dijelaskan sebagai berikut :
NO.
JENIS HALAMAN
JUMLAH HALAMAN
1.
Cover/sampul
2
2.
Halaman Isi
17
3.
Halaman Iklan
1
4.
Jumlah Total Halaman
20

   
Lampiran 3
Rincian Perencanaan Pengelolaan Dana
No.
Pemasukan
Jumlah
1
Penjualan majalah 50 eks X Rp. ... 
Rp.
2
Dana sekolah  
Rp.
3
Sponsor
Rp.
Jumlah total pemasukan
Rp.

Rincian Pengeluaran
No.
Biaya Produksi
Jumlah
1
Biaya Cetak ... eks
Rp.
2
Bahan-bahan Percetakan
Rp.
3


Jumlah total pengeluaran


No.
Biaya Non Produksi
Jumlah
1
Biaya Reportase
Rp.
2
Peralatan
Rp.
3
Transportasi 
Rp.
Jumlah total pengeluaran


Rincian keuntungan :
No.
Keterangan
Jumlah
1
Jumlah total Pemasukan
Rp.
2
Jumlah total pengeluaran
Rp.
3
Jumlah keuntungan 
Rp.


Tidak ada komentar:
Write komentar